COMPUTER COMPETITION AND ENGLISH COMPETITION FOR BLIND

Dalam rangka evaluasi kemampuan keterampilan para tunanetra, Yayasan Raudlatul Makfufin selenggarakan Computer Competition dan English Competition.

 

Tepat sehari sebelum diselenggarakannya rehat Majelis Ta’lim Makfufin tiap Ahad, para guru dari kelas kursus komputer berscreen reader dan English Skill berinisiatif mengadakan kompetisi yang diikuti oleh seluruh peserta kursus.

 

Lomba diselenggarakan Sabtu 13 Juni 2015. Tepatnya pukul 10:00 WIB kompetisi dimulai, diawali dengan Computer Competition.

 

Dalam computer Competition, semua tantangan berorentasi pada menguji kelancaran para tunanetra mengetik menggunakan 10 jari. Hal ini sangat ditekankan para instruktur karena keterampilan mengetik 10 jari adalah bekal yang sangat mendasar dalam terampil mengoprasikan Computer berscreen reader. Bahkan tidak hanya di kalangan tunanetra, di kalangan orang-orang yang berpenglihatan keterampilan mengetik 10 jari pun diutamakan, apalagi bagi tunanetra.

 

Computer Competition memiliki dua babak. Babak pertama disebut juga babak penyisihan, artinya dari 10 orang peserta hanya diambil lima orang untuk masuk babak final. Dalam babak penyisihan ini semua peserta diminta menuliskan nama buah-buahan, nama-nama kota dan nama para sahabat Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam yang masing-masing materi diberikan waktu satu menit.

 

Akhirnya setelah terpilih lima orang yang masuk babak final, semua peserta yang berhasil masuk babak final akan dibacakan sebuah cerita. Dari cerita yang dibacakan tersebut, akan dinilai siapa peserta yang paling banyak menuliskan kalimat dari cerita tersebut dengan kerapihan ketikan dan formating pargraph. Hanya diambil dua orang pemenang dalam kompetisi ini dan para pemenang akan mendapatkan hadiah pulsa dengan total Rp. 125.000,00.

 

Ketika adzan zuhur berkumandang, seluruh peserta dan panitia beristirahan, solat dan makan. Acara kembali dilanjutkan pukul 13:00 WIB.

 

 

Saatnya English Competition diselenggarakan. Dalam kompetisi ini terdapat dua kategori lomba, yaitu singing dan speling. Tiap peserta diharuskan mengikuti kedua kategori lomba yang ada. Dalam kategori singing, panitia menyiapkan dua lagu yang dapat dipilih, yaitu Insya Allah from Maher Zain dan My Heart will Go On from Celyn Dion.

 

Dalam kategori singing ini semua peserta dituntut seperti layaknya penyanyi terkenal. Penghayatan lagu, ketepatan lirik, ketepatan nada dan Pronoun ciation menjadi penilaian utama para juri.

 

Tak cukup di situ keseruan English Competition, sebetulnya dua kategori lomba di atas diselenggarakan secara bersamaan mengingat sema pesertanya sama, namun penampilan dari tiap kategori ditampilkan secara bergantian, dan kategori singing menjadi suatu sajian yang sangat menghiburkan semua peserta dan penonton.

 

Dalam kategori speling memiliki dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final rebutan. Dalam babak final, ada empat peserta yang berhasil menyingkirkan lawan-lawannya di babak penyisihan. Dengan menggunakan bel yaitu mengeluarkan suara binatang yang disukai oleh tiap peserta, babak final Englesh Competition menjadi semakin seru dan lucu.

 

Demikianlah rangkaian Competition yang diselenggarakan persis sehari sebelum dilakukannya acara rehat sementara majelis ta’lim makfufin tiap Ahad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *