PELATIHAN ORENTASI MOBILITAS UNTUK TUNANETRA

Ketunanetraan bukan lagi menjadi suatu alasan untuk tidak beradaptasi dengan lingkungan sekitar, namun ketunanetraan harus dianggap sebagai anugrah yang diberikan Allah Subhanahu Wata’ala sebagai salah satu cara menyayangi hamba-Nya.

Yayasan Raudlatul Makfufin sebagai lembaga ketunanetraan yang konsen dalam pembinaan para tunanetra, berinisiatif memberikan pelatihan Orentasi Mobilitas terhadap para tunanetra baru atau yang belum mampu beradaptasi secara maksimal terhadap lingkungan di sekitarnya.

Kemampuan Orentasi Mobilitas harus dimiliki oleh setiap tunanetra, sebagai salah satu cara beradaptasi terhadap lingkungan di sekitarnya. Jika beradaptasi saja belum mampu, bagaimana tunanetra dapat mengembangkan dirinya menjadi lebih baik?

Seorang tunanetra bukanlah seseorang yang tidak memiliki daya dan upaya apapun, melainkan seorang tunanetra harus menjadi pribadi yang kuat dan cerdas serta kreatif. Hidup tanpa berpenglihatan harus disikapi dengan cara yang kreatif, bagaimana mengenali suatu benda atau tempat dengan cara yang kreatif dari orang-orang yang berpenglihatan.

Oleh karena itu, Yayasan Raudlatul Makfufin bekerja sama denganDinas Sosial Kota Tangerang Selatan menyelenggarakan pelatihan Orentasi Mobilitas untuk para tunanetra.

Dalam pelatihan tersebut, para tunanetra diberikan pembinaan cara berjalan menggunakan tongkat putih, mengenali permukaan-permukaan jalan yang membahayakan dan memahami posisi tangan ketika digandeng seorang pendamping.

Terselenggaranya acara tersebut semoga dapat meningkatkan kemampuan beradaptasi para tunanetra, khususnya di lingkungan keluarga dan masyarakat secara umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *