PENGETIKAN 1000 HADITS SHAHIH BUKHARI UNTUK TUNANETRA

bagi seorang Muslim sejati, mempelajari, memahami dan mempraktekan apa yang terdapat dalam Al Quran tidaklah cukup, namun penting juga mempelajari, memahami
dan mempraktekan apa yang tertulis dalam hadits/As-Sunnah. Bagi para sahabat yang memiliki penglihatan, menemukan buku-buku tentang Ilmu Hadits bukanah
hal yang rumit ditemui di toko-toko buku Islam, tapi pernahkah para sahabat menemukan buku-buku Ilmu Hadits dalam cetakan braille yang dapat dibaca oleh para tunanetra?

Itulah yang mendasari Yayasan Raudlatul Makfufin berinisiatif menjalin kerja sama dengan Fellowship of Netra Community untuk menyelenggarakan pengetikan ulang 1000 hadits Shahih Bukhari.

Tujuan utama pengetikan ulang tersebut adalah mempercepat pengetikan ulang hadits yang nantinya akan diconfirt ke dalam tulisan braille dan dicetak dalam tulisan braille, sehingga seluruh tunanetra mampu membaca kitab-kitab hadits dengan maksimal.

Syukur Al Hamdulillah, acara dapat diselenggarakan dengan sukses pada Selasa 02 Juni 2015. Acara yang dihadiri 130 orang relawan dibuka melalui sebuah serimoni di Masjid Persatuan Umat Islam, Pancoran Barat, Jakarta Selatan.

Gambaran singkat teknis pengetikan yaitu, semua relawan mendapatkan foto copy yang berisi beberapa hadits. Hadits-hadits tersebut diminta untuk disalin kembali ke dalam Microsoft Word. Setelah semua hadits tersalin dengan baik, panitia akan mengcopy semua file yang berisi hasil pengetikan ulang tersebut. Setelah terkumpul, proses editing dilakukan pihak biro produksi dan pembraillan Yayasan Raudlatul Makfufin untuk diconfirt menjadi tulisan braille.

Proses editing yang dilakukan membutuhkan beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah semua hadits sudah melalui proses editing yang baik, pencetakan kitab hadits dapat dilakukan dan segera didistribusikan ke seluruh tunanetra di Indonesia.

Sampai artikel ini dibuat, proses editing masih terus berlangsung. Kami mohon doa dari seluruh Umat Muslim demi kelancaran pencetakan kitab hadits Shahih Bukhari Braille untuk tunanetra.

Tak lupa kami ucapkan terima kasih setulus-tulusnya kepada semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan acara tersebut, semoga Allah Subhanahu Wata’ala memberikan ganjaran yang jauh lebih baik dari yang telah diberikan kepada kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *