PROPOSAL PEMBANGUNAN ASRAMA SANTRI PESANTREN AL-QUR’AN TUNANETRA YAYASAN RAUDLATUL MAKFUFIN ( TAMAN TUNANETRA )

PROPOSAL

PEMBANGUNAN ASRAMA SANTRI

PESANTREN AL-QUR’AN TUNANETRA

YAYASAN RAUDLATUL MAKFUFIN

( TAMAN TUNANETRA )

 

 

  1. Pendahuluan

Munculnya generasi muda yang berwawasan luas, amanah, dan berakhlaqul karimah merupakan dambaan kita semua, sebagai cikal bakal perjuangan kita di masa yang akan datang. Allah SWT berfirman dalamQS. An-Nisaa : 9 yang artinya : “Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan Perkataan yang benar”.Ayat tersebut memberi dorongan kepada kita agar tidak meninggalkan generasi yang lemah, baik lemah jasmani maupun rohani, materi maupun imateri terutama lemah dalam ilmu agama dan yang lainnya.

Saat ini, umat Islam sudah kehilangan banyak ulama dan sangat minimnya kader-kader penerus dakwah mereka, sebagai akibat dari pergeseran kebudayaan yang makin memprihatinkan. Bila hal ini terus dibiarkan, maka generasi muslim yang asalnya kuat dan faham terhadap agama, akan menjadi lemah tak berdaya.

Selanjutnya dalam upaya membentuk generasi yang tangguh dan berwawasan luas, amanah, serta berakhlaqul karimah dibutuhkan suatu lembaga pendidikan yang bisa mewujudkan harapan orang tua terhadap putra-putrinya.

Yayasan Raudlatul Makfufin yang lahir dari harapan dan keinginan masyarakat tunanetra, menjawab tantangan dan keinginn tersebut dengan mendirikan Pesantren Al-Qur’an Tunanetra Raudlatul Makfufin (PQT-RM) karena prihatin dengan kondisi tunanetra di Indonesia yang masih belum mendapatkan perhatian secara khusus dan untuk mengakomodir seluruh bakat/minatpara tunanetra muslim dalam menuntut ilmu pengetahuan Islam.

PQT-RM merupakanPesantren Al-Qur’an Tunanetra pertama di Indonesia. Sampai saat ini sudah cukup banyak alumni santri tunanetra dari PQT-RM dibawah naungan Yayasan Raudlatul Makfufin yang berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat di lingkungannya masing-masing.

Dengan adanya PQT-RM, besar harapan lahirnya para tunanetra Muslim yang cerdas, kreatif, inovatif, dan aktif tidak hanya dalam ilmu pengetahuan Islam, melainkan ilmu pengetahuan umum lainnya, sehingga mampu bersaing dengan masyarakat yang tidak memiliki keterbatasan penglihatan. Itulah pentingnya untuk mulai merubah cara pandang terhadap tunanetra, yaitu jangan terburu-buru melihat kekurangan yang dimiliki oleh seseorang, namun cari dan lihatlah kelebihan apa yang dimiliki oleh setiap orang.

PQT-RM mengkolaborasikan antara sistem moderndansistem tradisional, sehingga terjadi keseimbangan menurut roda perputaranzaman. Sistem tersebut dikenal oleh banyak kalangan masyarakat sebagai sistem semi modern. Pada sistem pembelajarannya PQT-RM menitik beratkan pada Tahfidzul Qur’an,namun tetap memberikan pengetahuan santri dengan kajian Kitab Kuning, serta penguasaan keterampilan (Bahasa Asing, massage, komputer dll.).

 

Program PQT-RM dalam 5 (lima) tahun ke depan adalah :

  • Orang Tua Asuh
  • Tahfizh Al-Qur’an
  • Qiroat dan Tahsin Al-Qur’an
  • Pembinaan Tilawah
  • Kajian :Aqidah, Akhlaq, Fiqih, Hadits, danTajwid
  • Training Of Trainer Al-Qur’an Braille
  • Studi Banding ke pesantren-pesantren
  • Pembinaan Da’i (Tahlil, Rawi, dan Khitobah)
  • Pembinaan Pengajian di luar Yarfin
  • Safari Dakwah

 

Dalam upaya mempertahankan dan memajukan serta meningkat-kan mutu PQT-RM ini, maka zakat, infaq, shadaqah serta sumbangan lainnya yang tidak mengikat dari para dermawanlah yang memiliki andil cukup besar.

Allah SWT dalam QS Al Baqarah : 261 berfirman yang artinya :“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.

Mudah-mudahan Allah SWT. memberikan janji itu kepada kita yang merupakan penggerak dan sebagai pemerhati serta pencipta dunia pendidikan pembentuk generasi yang berakhlaqul karimah.

 

  1. Dasar Pemikiran

Bagi mereka yang membangun rumah ibadah/tempat pendidikan atau menyediakan dana untuk pembangunan atau pengadaan rumah ibadah/tempat pendidikan termasuk dalam kategori Firman Allah SWT. : “Perumpamaan (dana yang dikeluarkan) oleh orang-orang mem-belanjakan hartanya di jalan Allah seperti pembangunan sarana pendidikan, rumah sakit, musholla, dll, adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tia-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan pahala siapa saja yang dikehendaki Nya, dan Allah maha luas pemberian Nya lagi maha mengetahui” (Al Baqarah:261).

Pengadaan rumah ibadah/fasilitas pendidikan termasuk salah satu investasi amal yang akan mengalirkan pahala terus menerus bagi orang-orang yang membangunnya walau hanya sebutir paku yang ditancapkannya. Karena hal ini termasuk salah satu dari tiga amal yang dinyatakan oleh Rasulullah SAW. :“Apabila anak Adam (manusia) meninggal dunia, maka putuslah segala amal perbuatannya kecuali tiga perkara, yaitu: sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang shaleh yang mendoakan kedua orang tuanya” (HR. Muslim).

Pembangunan asrama santri PQT-RM merupakan pengembangan Yayasan yang menjadi tuntutan masyarakat tunanetra khususnya dalam rangka :

  1. Mensukseskan Program Pencerdasan Kehidupan Bangsa yang dicita-citakan oleh Amanah Kemerdekaan.
  2. Untuk menjamin rasa persatuan dan kesatuan (ukhuwah Islamiyah) yang akrab antara pesantren dengan masyarakat sekitarnya dan bahkan dunia luar.
  3. Tempat kegiatan ibadah, pendidikan dan pengkaderan tunanetra Muslim dalam menegakkan Islam agar bangsa dan Negara lebih wibawa dan disegani di seluruh dunia.

 

  1. Nama Kegiatan dan Lokasi

“PEMBANGUNAN ASRAMA SANTRI PESANTREN AL-QUR’AN TUNANETRA RAUDLATULMAKFUFIN (PQT-RM) DAN FASILITASNYA”

Lokasi Pembangunan dibangun di atas lahan seluas 150 m² milik Yayasan Raudlatul Makfufin di Kelurahan Buaran, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan.

 

  • Tujuan
  1. Mengembangan kreatifitas tunanetra agar tumbuh kembang menjadi nilai spiritual yang handal disekitarnya.
  2. Menyebarluaskan ajaran agama Islam
  3. Tempat belajar santri PQT-RM khususnya dan masyarakat tunanetra pada umumnya.
  4. Membina tunanetra muslim dalam memperoleh pengetahuan Islam sebagai modal mengarungi kehidupan dimasa mendatang.

 

  • Waktu Pelaksanaan dan Pembentukan Kepanitiaan
  1. Pelaksanaan pembangunan Asrama SantriPQT-RM disesuaikan dengan keadaan dana yang tersedia.
  2. Untuk memperlancar pembangunan Asrama SantriPQT-RM dibentuk kepanitian yang terdiri dari unsur pimpinan Yayasan dan (Susunan Kepanitian Terlampir)

 

 

  • Anggaran Pembiayaan Pembangunan Pesantren Yarfin

Pembiayaan Pembangunan Asrama Santri Yayasan Raudlatul Makfufin ini diperoleh dari :

  1. Kas Yayasan Raudlatul Makfufin
  2. Bantuan Pemerintah, badan sosial swasta
  3. Donatur tetap dari dermawan dan dermawati
  4. Bantuan/sumbangan dari dalam dan luar negeri
  5. Sumbangan lain yang halal dan tidak mengikat.

 

Bagi para donatur yang akan memberikan donasinya, bisa menyalurkannya langsung ke Yayasan Raudlatul Makfufin, Jl. H. Jamat Gg. Masjid I RT. 02/05 No. 10A Kelurahan Buaran, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15316, atau melalui rekening di :

 

  • Bank BRI Syari’ah

Bank                              : Bank BRI Syariah

Nomor Rekening           : 1024347725

Atas nama                      : Yayasan Raudlatul Makfufin

KCP                               : Jakarta Pamulang, Perum. Vila Dago

 

Contact Person :

Bpk H. Akrom Hasani(Ketua)                   : 0812-9348-154

Bpk H. Muhyi Khoirudin(Sekretaris)        : 0813-1553-6868

Bpk NgatijaAS. (Bendahara)                     :0817-1127-54

Bpk Budi Santoso (Ketua Yayasan)          : 0857-1818-2442

 

  • Rencana Biaya

Total Anggaran keseluruhan adalah sebesar : Rp. 1.359.609.300,- (Satu milyar tiga ratus lima puluh sembilanan juta enam ratus sembilan ribu tiga ratus rupiah). Rincian selengkapnya dapat dilihat pada lampiran Proposal ini.

 

  • Penutup

Demikian proposal ini kami ajukan. Besar harapan kami agar permohonan ini mendapat respon positif dari berbagai pihak yang peduli dengan problem pendidikan, sosial-keagamaan dan kemasyarakatan saat ini.

 

WassalamualaikumWar. Wab.

 

Tangerang Selatan, … September 2017

 

Panitia Pembangunan Asrama Santri

Pesantren Qur’an Tunanetra

Yayasan Raudlatul Makfufin

 

 

 

 

 

  1. Akrom Hasani, S.AgH. Muhyi Khoirudin Drs. Ngatija AS.

Ketua                                    Sekretaris                                             Bendahara                           

 

Mengetahui :

Pengurus Yayasan Raudlatul Makfufin

 

 

Budi Santoso, S.Sos.I

Ketua Umum

 

DOWNLOAD LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *