Adab-Adab Berhias Dalam Islam

Seorang perempuan pasti akan lebih suka menghias dirinya,  bahkan mereka berhias bukan hanya di rumah tetapi ketika keluarga rumah mereka juga berhias diri.  Banyak perempuan yang jika dia tidak menghias dirinya maka dia akan cenderung tidak percaya diri. Apakah hal tersebut benar ?  Bagaimana pandangan islam terkait Berhias diri?

Berhias sendiri berarti berdandan,  mengatur apa yang kita kenakan.  Islam memperbolehkan umatnya untuk berhias diri sepanjang tujuannya baik yaitu mengharap ridho Alloh Subhanahu Wata’ala. Namun,  jika seseorang memiliki tujua lain seperti ria dan lainnya mama orang tersebut justru akan mendapatkan dosa.

Pada artikel ini akan dibahas bagaimana adab-adab berhias diri dalam islam. Apa yang kita lakukan akan dimintai pertanggungjawabannya. Untuk itu penting bagi kita tahu hukum dan adab-adabnya. Yuk, simak berikut ini.

Pertama kita dilarang untuk memakai perhiasan yang berlebihan lebih tepatnya bagi kaum wanita.  Tidak hanya perhiasan tetapi baju ataupun busana yang kita pakai harus sesuai dengan syariat islam dan tidak melebih-lebihkab pakaian atau gaya kita dalam berbusana walaupun banyak sekali model baju di zaman sekarang ini.

Kedua,  bagi kaum wanita dan laki-laki dilarang memakai wangi-wangian yang berlebihan yang bisa tercium oleh orang lain. Alloh menyukai keindahan, namun kita juga harus tahu apa ya ng diperintahkan atau diperbolehkan oleh Alloh ataupun yang dilaran oleh Alloh Subhanahu Wata’ala.

Ketiga, kita dilarang merubah apa yang telah Alloh Subhanahu Wata’ala anugerahkan kepada kita.  Contohnya mencukur alis, menyambun rambut, ataupun hal lainnya.  Hal tersebut menandakan bahwa kita tidak bersyukur Atlas apa yang telah Alloh berikan kepada kita. Biasanya yang sering melakukannya adalah kaum wanita.

Diriwayatkan dalam hadist Muslim “Sesungguhnya Alloh Subhanahu Wata’alaitu indah dan menyukai keindahan”.  Nah,  dari hadist inilah dapat di ambil kesimpulan bahwa Alloh tidak melarang hamba-NYA untuk berhias asalkan sesuai dengan apa yang telah disyariatkan.

Berikut beberapa hal yang harus kita perhatikan, semoga dapat bermanfaat dan menghindari kita dari dosa, Aamiin.