Adab Belajar Dalam Islam

Belajar adalah proses untuk meningkatkan kualitas pengetahuan seseorang. Belajar tidak hanya ketika di sekolah ataupun di sebuah lembaga pendidikan. Belajar juga bukan hanya ketika kita kecil tetapi kewajiban belajar adalah seumur hidup selagi kita masih mampu dan bisa untuk belajar entah dimanapun itu.

Dalam agama Islam semua hal akan diatur yang dituangkan dalam ayat-ayat Al-Qur’an. Sesuai dengan Q.S Al-Alaq yang memerintahkan bahwa tugas manusia yang pertama kali adalah membaca. Itulah salah satu alasan mengapa belajar terutama membaca adalah kewajiban setiap manusia.

Hadist Riwayat Muslim juga menyatakan “Menuntut ilmu (belajar) itu wajib bagi muslim dan muslimah”. Tujuan dari kita belajar juga akan memberikan banyak manfaat dan efek positif kepada kita. Kali ini kita akan membahas etika dalam belajar menurut Islam. Yuk, simak berikut ini.

Salah satu hal yang harus dilakukan agar kita dalam belajar bermanfaat dan bisa mengamalkan ilmunya adalah dengan kita bersikap dan berkata baik. Saat kita memiliki akhlak yang baik maka ilmu yang kita pelajari akan mudah dicerna dan diamalkan. Karena ilmu yang sudah kita pelajari harus diamalkan.

Selain itu, perlu kita pahami bersama bahwasanya ilmu yang sudah kita pelajari harus diamalkan dengan perbuatan bukan hanya diingat atau dihafalkan. Sifat yang harus kita miliki yaitu rendah hati dan tekun dalam menuntut ilmu atau belajar. Dengan kita mengamalkannya secara otomatis ilmu tersebut akan tetap ada.

Jangan lupa untuk selalu niatkan apa yang kita lakukan adalah karena Alloh sehingga Alloh akan mempermudah langkah kita dalam menuntut ilmu. Selain itu, perlu kerja dengan ikhlas cepat dan bersabar karena belajar adalah proses yang penuh usaha bukan proses yang instan.

Pada saat kita belajar pasti kita akan berinteraksi dengan orang lain, nah sikap kita terhadap orang lain harus berakhlak baik sehingga tidak menimbulkan kesan negatif. Hargai adanya perbedaan dan teruslah bersikap lemah lembut dan berkata yang baik.

Semoga kita selalu diberikan kemudahan dalam menuntut ilmu atau belajar dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun. Belajar juga bukan hanya untuk ilmu dunia tetapi juga ilmu akhirat. Yuk, pahami bagaimana adab belajar sesuai Islam sehingga kita bisa mengamalkan ilmu yang kita pelajari.