Adakah Sunnah Nabi Minum Susu Sebelum Tidur?

Dari zaman dahulu susu merupakan bahan yang sering dikonsumsi manusia. Baik itu susu kambing, sapi, domba. Bahkan di zaman Rasulullah susu merupakan suguhan yang sering diberikan para sahabat kepada kekasih Allah tersebut. Lantas apakah memang benar ada Sunnah Nabi Minum Susu Sebelum Tidur?  Dalil apa yang melandasinya?

Sunnah Nabi Minum Susu Sebelum Tidur Dari Riwayat Khalifah

“Tidak ada satu makanan yang bisa menggantikan makanan dan minuman selain susu,” penggalan ucapan Rasulullah pada  sahabatnya Ibnu Abbas dan Khalid Bin Walid ketika diberi minuman susu oleh Maimunah. Ungkapan ini menegaskan bahwa minum susu masuk dalam kategori sunnah. Berikut beberapa riwayat sahabat Rasulullah yang menyebutkan hal serupa.

Ahmad, Hakim, dan Ibnu Hibban

Rasulullah pada zaman kenabian sering mengkonsumsi susu, seperti susu kambing, susu sapi, dan susu onta. Namun berdasarkan riwayat HR. Ahmad tersebut, Rasulullah lebih memilih susu sapi, karena makanan sapi berasal dari pohon yang tentunya bebas dari zat-zat haram.

Al-Tirmidzi

Dari Abu Hurairah ra, Al Tirmidza menjabarkan bahwa Rasulullah selain meminum susu, juga pernah memakan susu yang telah diolah menjadi padat. Anas ra juga pernah mengungkapkan bahwa dia pernah memberikan susu kepada Rasulullah melalui gelas miliknya, disamping pernah memberikan minuman jenis lain seperti air, madu, dan anggur.

Ismail Bin Musa Al Farazi

Berdasarkan penuturan dari Abdullah bin ja’far, Rasulullah memiliki menu cemilan yang tidak rutin dikonsumsi seperti roti daging dengan kuah berupa air, buah anggur dan juga minuman yaitu susu.

Bukhari dan Muslim

Dari Ibnu Abas menyebutkan bahwa Rasulullah berwudhu dan kumur-kumur setelah mengkonsumsi susu. Jika ditilik dari segi kesehatan, susu yang mengandung lemak cenderung menempel pada gigi dan mulut, untuk membersihkannya maka kumur-kumur adalah cara yang tepat.

Banyak bukti yang menyebutkan bahwa Sunnah Nabi Minum Susu Sebelum Tidur memang baik dilakukan. Sebab selain mengikuti ajaran Rasulullah, juga memberi efek positif bagi kesehatan. Karena kandungan susu sangat banyak diantaranya menjaga kondisi tulang, hingga menjadi penangkal racun yang masuk ke dalam tubuh.