Amalan-Amalan Dalam Bulan Rajab

Saat memasuki bulan Rajab, Rasulullah SAW menganjurkan umat muslim untuk membaca doa Bulan Rajab. Di bulan Rajab yang sama sucinya dengan bulan Ramadhan, doa Rajab menjadi permohonan untuk meminta berkah kepada Allah SWT.

Umat Islam juga disunahkan untuk menunaikan ibadah sunnah puasa Rajab selain mengawali bulan Rajab dengan berdoa. Berikut ini doa yang dipanjatkan Nabi Muhammad SAW ketika mengawali bulan Rajab yang bersumber dari hadits riwayat Imam Al Baihaqi dalam kitab Syu’ab Al Iman, dari Anas bin Malik.

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ، وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allohumma barik lana fi rajaba wa sya’bana wa ballighna ramadhona

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan bulan Sya’ban, dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan.

 

Amalan-Amalan Utama Dalam Bulan Rajab

  • Puasa Rajab

Puasa ini dapat dilakukan mulai hari pertama di bulan Rajab. Puasa di tanggal 1 bulan Rajab akan menghapus dosa selama 3 tahun. Puasa di tanggal 2 bulan Rajab sama dengan menghapus dosa 2 tahun. Dan puasa di tanggal 3 sama dengan menghapus dosa 1 tahun.

Para ulama menganjurkan untuk berpuasa di 10 hari pertama bulan Rajab. Tetapi sebenarnya tidak ada ketentuan hari dalam menunaikan Puasa Rajab. Berikut ini adalah niat untuk menunaikan puasa Rajab.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.

  • Perbanyak ibadah sholat sunnah

Rasulullah SAW bersabda bahawa kelak amal ibadah manusia yang akan dihisab pertama kali adalah sholat. Allah berfirman kepada para malaikat-Nya bahwa dengan sholat sunnah kita sebagai hambanya dapat menyempurnakan sholat fardhu sehingga kita dapat mendapatkan pahala yang sempurna.

  • Memperbanyak istighfar dan sholawat

Di bulan Rajab umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak istighfar memohon ampun atas dosa-dosanya. Perbanyaklah membaca sholawat terlebih di hari dan malam Jumat.

  • Perbanyak sedekah

Begitu banyak keutamaan bersedekah. Allah akan memberi rizki bagi hambanya yang bersedekah dengan ikhlas dan melipat gandakan pahalanya.

Begitu banyak amalan yang bisa kita lakukan di bulan Rajab. Manfaatkan bulan Rajab untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya dan jangan lupa untuk selalu memanjatkan doa bulan rajab. Semoga setiap amalan yang kita perbuat dapat diterima oleh Allah SWT dan dapat bermanfaat bagi diri kita sendiri juga saudara-saudara kita yang lain.