Yayasan Raudlatul Makfufin

Amalan Untuk Pelajar

Saat menjadi seorang pelajar tentunya anda memiliki keinginan untuk menjadi pelajar yang membanggakan dengan bergam prestasi yang bisa anda capai. Untuk mendapatkannya tentu anda harus belajar dengan giat. Di samping itu ternyata ada amalan sunnah Nabi untuk pelajar yang sangat bisa anda lakukan dan memberikan efek yang sangat baik untuk otak.

Ada beberapa amalan harian yang telah diajarkan oleh Nabi akan tetapi secara umum banyak diabaikan oleh para pelajar. Padahal amalan-amalan sunnah yang diajarkan Nabi ini sangat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh para pelajar yang mau mengamalkan secara rutin. Lantas apa sajakah amalan sunah Nabi untuk pelajar tersebut?. Diantara sunnahnya tersebut adalah :

  1. Bersiwak atau menggosok gigi tiap kali akan belajar. Secara ilmiah, ketika usai menggosok gigi maka akan timbul rasa fresh dari mulut yang bisa menjulur ke otak. Otak pun akan dapat menerima ilmu dg mudah.
  2. Berwudhu saat akan belajar. Selain bersiwak, berwudhu juga akan mendatangkan efek segar pada otak. Terbukti dalam sebuah pernyataan ilmiah bahwa air yang dibasuhkan pada wajah dengan melibatkan nama Tuhan akan membawa efek positif pada diri orang tersebut.
  3. Rajin sholat tahajjud. Terbangun di tengah malam dan melakukan ibadah sholat tahajjud terbukti akan membawa efek positif pada jiwa spiritual orang tersebut. Dengan jiwa spiritual yang baik tentu otak juga akan mudah menerima setiap pelajaran yang didapat.
  4. Tidak melakukan maksiat apalagi tindak porno. Setiap melakukan hal buruk atau kemaksiatan maka otak tidak akan bisa bekerja secara maksimal untuk menerima pelajaran yang diajarkan. Otak akan menjadi candu untuk berfikir negatif mengenai kemaksiatan yang sering dilakukan tersebut.
  5. Makan dan minum sewajarnya dengan prinsip bahwa makan adalah untuk hidup dan bukan hidup untuk makan. Hal ini menjadi arahan untuk para pelajar agar tidak senantiasa menuruti hawa nafsu. Salah satunya adalah nafsu untuk makan dan minum yang berlebihan. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh bagi kinerja otak dan tingkat konsentrasi pelajar tersebut. Dengan makan dan minum yang berlebihan tentu tingkat konstrasi akan menurun akibat terlalu kenyang.

 

;