Yayasan Raudlatul Makfufin

Bacaan Doa Agar Hati Tenang

Jika hati dan pikiran Anda merasa resah dan gelisah, sudah pasti akan membuat hati tidak nyaman. pikiran menjadi tidak bisa merasa tenang dan tenteram. Untuk mengurangi hal itu, maka harus memperbanyak doa agar hati tenang. Karena hati dan pikiran merupakan modal utama dalam menjalani kehidupan kita untuk menjadi lebih baik.

Bacaan Doa Agar Hati Tenang

“Laa ilaaha illa anta subhaanaka inni kuntu minaz zholimin”

Arti dari Surah Al-Anbiya’ Ayat 87 yaitu Tiada Tuhan melainkan Engkau (ya Allah)! Maha Suci Engkau, Sesungguhnya aku adalah dari pada orang-orang yang menganiaya diri sendiri.

“Allahumma inni a’uuzubika min jahdil bala’. Wa darkish shaqa’. Wa suu il qadhaa’. Wa shamaamatil a’daa”

Dari Hadist Shahih Bukhari yang artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada Engkau dari menemui penderitaan, dari takdir yang buruk serta dari keberhasilan musuh.

Keutamaannya Doa Agar Hati Tenang

Pikiran yang gelisah, resah, tidak tenang, stres akan sangat mengganggu aktivitas, karena Anda tidak dapat fokus dalam beraktifitas dan tidak bisa istirahat. Hal itu tentu akan membuat Anda tidak tenang, maka dari itu harus sering berdoa untuk ketenangan hati. Karena baca tersebut memiliki banyak keutamaan,antara lain:

1. Menghilangkan beban hati

Beban hati menjadi penyebab utamapikiran seseorang menjadi resah dan tidak tidak. Untuk menemukan kedamaian hati, maka Anda tidak perlu membawa beban hati di dalam pikiran. Terkadang kita hidup di lingkungan orang yang tidak memberikan energi positif pada diri kita, sehingga kita justru malah mengambil hati atas hal apa yangada di pikiran.

Oleh karena itu, sebaiknya pilih dimana saja yang tepat danbermanfaat untuk Anda dan mana yang tidak perlu dipikirkan dalam-dalam.

2. Membuang jauh-jauh pikiran buruk

Ketika menghadapi masa lalu yang sulit terlupakan, maka Anda harus membiarkannya terlewati. Masa lalu tidak akan pernah bisa merubah suatu hal dari hidup Anda. Namun yang Anda pikirkan yaitu bagaimana menghadapi masa depan yang belum terjadi. Jangan sampai masa lalu tersebut berkutat di  pikiran Anda, karena dapat menyebabkan pikiran menjadi resah dan tidak tenang.

3. Membangun hati yang kuat

Pikiran yang menyebabkan gelisah, kacau dan tidak tenang bisa terjadi karena lingkungan di sekitar Anda. Maka dari itu, hal yang sangat penting yaitu membangun pelindung diri. Maka dari itu, pilihlah lingkungan yang positif, teman-teman yang memiliki pikiran positif dan tidak membawa amarah dalam kondisi yang tenang.

4. Menjadikan lebih banyak bersyukur

Ucapkan syukur terhadap hal-hal kecil terhadap Allah, dengan begitu maka Allah akan selalu menambahkan nikmat-Nya. Bersyukurlah karena lingkungan yang baik, memiliki kondisi kesehatan fisik yang baik dan juga memiliki orang-orang yang mencintai Anda.

5. Menenangkan diri dengan suatu keheningan

Paling tidak sehari sekali, selama 30 menit hingga 1 jam Anda harus menenangkan diri misalnya merenung, mandi  dalam keheningan. Dalam ketenangan tersebut jangan lupa selalu mengingat Allah SWT dengan berdoa. Karena dengan pikiran yang tenang, maka dapat memunculkan rasa semangat dan hati yang damai.

 

;