Yayasan Raudlatul Makfufin

Berbisnis Dalam Islam

Bisnis dalam islam juga mengatur secara seksama dan dengan proses yang benar. Karena memang sebagai seorang muslim haruslah bekerja dan memiliki penghasilan. Ketika seorang muslim tidak mau bekerja dan tidak mau mengusahakan untuk bisa mendapatkan penghasilan, maka juga dilarang oleh Allah SWT. Oleh sebab itu, sebagai seorang muslim juga senantiasa mengembangkan diri.

Pengembangan diri maksudnya dari yang sebelumnya bekerja dengan orang lain, maka kedepannya harus membuka lapangan kerja sendiri. Sehingga bisa bermanfaat untuk orang banyak. Islam juga memperbolehkan umat islam untuk mengembangkan bisnis yang di punya. Adapun bisnis yang diperbolehkan ini memiliki aturan dan ciri khusus, sehingga terhindar dari yang haram.

Bisnis Dalam Islam Harus Berorientasi Umat Muslim

1. Keuntungan Penjual Dan Pembeli

Bisnis dalam islam tentunya mengedepankan yang namanya keuntungan penjual dan pembeli. Tidak akan memberikan dampak baik ketika dalam proses bisnis tidak adanya keuntungan. Oleh karena itu, senantiasa dalam bisnis yang halal ini juga memperolah keuntungan agar bisa menjadikan bisnis yang dijalankan berkembang.

2. Kemaslahatan Masyarakat

Dalam proses berbisnis ini tentunya haruslah menanamkan jiwa sosial yang tinggi oleh orang yang melakukan bisnis. Karena di luar sana masih banyak orang yang sangat membutuhkan yang namanya bantuan. Sehingga ketika telah memiliki bisnis yang telah berjalan lancar, haruslah ingat akan kemaslahatan masyarakat sekitar.

3. Terperdayakan Sosial

Ketika bisnis yang telah dijalankan maka salah satu hal yang bisa diberikan kepada orang yang ada di sekitarnya, yakni memperdayakan orang-orang yang membutuhkan bantuan berupa lapangan kerja dan sedikit kebutuhan yang bisa diberikan kepada yang membutuhkan. Ketika hal ini dilakukan senantiasa akan membuka rezeki yang lebih besar.

4. Hilangnya Pengangguran Dan Bertambahnya Lahan Pekerjaan

Bisnis yang dimiliki oleh orang muslim tentunya akan semakin membuat umat muslim lainnya bisa terbantukan. Dan salah satu hal nya, yaitu akan semakin menurunnya angka pengangguran dan bertambahnya lapangan pekerjaan. Dan ini yang sejatinya menjadi hal besar ketika seorang muslim tersebut memiliki bisnis.

Maka bagi seorang muslim, senantiasa saling berjuang dan giat dalam bekerja maupun dalam menjalankan usahanya agar bisa membantu muslim yang lainnya.

 

;