Beriman pada Kitab Allah

Dari SD kita sudah diberi tahu mengenai rukun iman yang terdiri dari 6 poin, dimana salah satunya adalah iman kepada kitab Allah. Sebagai umat islam yang harus memiliki keimanan kepada Allah. Yang yakin akan adanya Allah sebagai tuhan umat muslim harus beriman juga dengan kitab-kitab Allah. Orang muslim harus percaya mengenai adanyakitab yang diciptakan oleh allah yang berisi mengenai kumpulan wahyu allah yang berisi pesan-pesan langsung dari Allah SWT. Dimana kitab-kitab tersebut harus dipegang selalu oleh manusia yang bertujuan sebagai sarana dalam mencapai suatu kebahagiaan kehidupan di dunia yang sementara, serta kehidupan yang kekal yakni akhirat.

Dengan beriman kepada kitab-kitab yang telah diturunkan Allah maka manusia tidak akan pernah mengalami kesesatan dalam menjalani hidupnya. Sehingga setiap manusia bisa meniti jalan hidupnya dengan lurus, tepat dan benar, sehingga kehidupannya akan teratur dan juga terarah.

Maksud dari beriman kepada kitab allah swt ini intinya adalah  membenarkan dengan sungguh-sungguh apa yang telah difirmankan oleh Allah SWT, yang telah diwahyukan kepada manusia yang dipilihnya secara khusus dalam hal ini Nabi dan Rosul.

Untuk selanjutnya disampaikan kepada umat manusia lainnya supaya dapat dijadikan sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan di dunia. kitab-kitab yang ditrunkan oleh allah swt pada nabi dan rosul sendiri ada 4, yakni kitab Taurat, Zabur, Injil, dan juga Al-Qur’an. Dimana masing-maisng kitab tersebut diturunkan pada para utusan Allah yang special. Yakni,

  • Kitab Taurat diturunkan pada Nabi Musa A.S, yang sesuai dengan firman allah dalam qur’an surat Al-Maidah ayat 44
  • Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Dawud A.S, yang sesuai dengan firman Allah dalam Qur’an surat Ali-Imran ayat 184 dan juga Al-Isra ayat 55
  • Kitab injil diturunkan pada Nabi Isa A.S, yang sesuai dengan firman Allah dalam Qur’an surah Al-Maidah ayat 46
  • Dan yang terakhir kitab Al-Qur’an yang diurunkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang sesuai dengan firman Allah dalam Qur’an surah Al-Isro ayat 9.