Yayasan Raudlatul Makfufin

Ciri-Ciri Orang Kafir

Sering sekali kita mendengar orang lain mengata-ngatai orang lain dengan sebutan kafir, atau bahkan diri kita sendiri mengatai orang lain atau saudara kita dengan menyebutnya kafir. Namun apakah sebenarnya kita tahu mengenai apa kafir itu?  mungkin kita pernah menyebut seseorang sebagai kafir, namun apakah kita tahu, ciri-ciri kafir itu apa?

Kafir biasanya digunakan untuk menyebut seseorang yang mengingkari kenikmatan yang telah diberikan oleh Allah SWT. Kafir berasal dari kata kufur yang berarti ingkar, menolak atau pun menutup.

Sedangkan menurut syariat islam manusia kafir yaitu mengingkari allah sebagai satu-satunya yang berhak disembah dan mengingkari rosul Muhammad SAW sebagai utusan Allah SWT. Sedangkan ciri-ciri orang kafir yakni,

1. Menolak berhukum dengan syariat yang telah ditentukan oleh Allah SWT

Sekalipun mereka menampakkan diri sebagai seorang muslim yang berjilbab dan bersongkok, tetapi mereka tidak mau berhukum dengan syariat Allah, maka orang yang seperti itu akan dihukumi kafir.

Bahkan, sikap mereka ini dicatat dalam Al-Qur’an surat annisa ayat 61 yang artinya, “apabila dikatakan kepada mereka , “marilah kamu (tunduk) kepada hukum yang Allah telah trunkan dan kepada hukum rosul! Niscaya kamu lihat orang-orang munafik menghalangi manusia dengan sekuat-kuatnya dan mendekati kamu.”

2. Orang kafir cenderung percaya akan ramalan

Allah berfirman pada qur’an surah an-nisa ayat 65 yang artinya, “katakanlah, “tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib kecuali allah SWT.”

Dengan ini siapa saja yang telah mengklaim mengetahui perkara ghaib, maka ia termasuk dalam golongan tukang ramal (kaahin) atau orang yang berserikat di dalamnya karena ilmu haib hanya menjadi hak prerogative Allah.

3. Orang kafir memiliki sifat sombong

Selain memiliki sifat sombong yang pastinya sangat dibenci oleh allah, orang kafir juga lebih suka mengingkari nikmat allah dan juga putus asa pada rahmat Allah SWT. Seperti firman Allah dalam qur’an surah an-nahl ayat 83 yang artinya, “mereka mengetahui nikmat Allah, kemudian mereka mengingkarinya dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang kafir.”

 

;