Dandanan Yang Haram Bagi Muslimah

Mempercantik diri untuk suami tercinta adalah sesuatu yang disunnahkan, namun saat ini hal ini disalahgunakan oleh sebagian wanita muslimah.

Sebagian dari mereka mempercantik diri bukan untuk menyenangkan hati suaminnya, melainkan agar di pandang seorang yang cantik, seorang yang anggun, dll.

Dandananya hanya mengharap pujian semata, padahal Allah Subhanahu Wa Ta’alla telah berfirman :

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى

”Hendaklah kalian (para wanita) tetap di rumah kalian dan janganlah kalian bertabarruj dan seperti tabarruj orang-orang Jahiliyah yang dahulu…” (QS. Al-Ahzab: 33)

Mempercantik diri diperbolehkan, namun tetap pada koridornnya jangan sampai mengikuti jejak jejak dandanan dandaanan wanita yang diharamkan sebagai berikut :

5 Dandanan Wanita yang di Larang

1. Berlebihan dalam Berhias

 Seorang wanita sangat senang berhias dan mempercantik dirinnya, namun jangan sampai berhias itu menjadi asbab turunya murka Allah karena kita bertabarruj sebagaimana orang jahiliyah dulu.

Ber-mekup-lah ala kadarnnya, jangan sampai dengan bermakup berhias secara berlebihan mengundang banyak fitnah orang yang melihatnnya.

Karena sesungguhnya orang orang yang berlebihan itu adalah penghuni neraka (Qs. Ghafir : 43)

2. Membuka Aurat

Demi terlihat cantik dan dilihat banyak orang, seorang wanita bahkan rela mengenakan pakaian yang seharusnya tidak dikenakan oleh wanita muslimah.

Pakaian pakaian yang mempertontonkan aurat seorang wanita, tidak hanya mengundang perhatian banyak orang melainkan juga akan mendatangkan mala petaka bagi orang yang mengenakannya.

3. Berdandan Menyerupai Laki Laki

Karena dalil mengikuti trend terkini, banyak wanita muslimah yang berpenampilan layaknya seorang laki laki.

Bahkan tak jarang mereka tampil seperti laki laki, dandanan seperti ini juga diharamkan bagi seorang muslimah.

Karena tidak hanya akan mempertontonkan lekuk tubuh ataupun aurat seorang wanita, melainkan juga akan membuat orang tersebut terjerumus kedalam dosa besar.

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam melaknat laki laki yang berpakaian wanita dan wanita yang berpakaian laki laki (HR. Ahmad)

4. Menggunakan Parfum

Menggunakan wangi wangian bukanlah hal yang dilarang didalam islam untuk seorang wanita, bahkan dianjurkan apabila untuk menyenangkan hati suaminnya.

Namun… Apabila seorang wanita menggunakan wangi wangian di luar rumah dan dengan tujuan agar orang lain tergoda menghirup bau semerbak dirinnya.

Maka sungguh wanita itu telah berzinah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Seorang wanita yang memakai wangi wangian kemudian melewati suatu kaum, supaya baunnya tercium, maka sungguh wanita tersebut telah berzina” (HR. Ahmad)

5. Berdandan Mengundang Syahwat

Trend, lagi lagi dalil trend banyak wanita yang rela berpakaian namun seperti orang tidak berpakaian.

Yang dimana, berpakaiannya malah mengundang perhatian banyak orang, contohnnya berpakaian yang pakaiannya menerawang, terlihat lekuk tubuhnya, dan lain lain.

Bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Seorang wanita yang berpekaian tetapi telanjang, dan melenggak lenggokan tubuhnya, maka ia tidak akan mask surge dan tidak akan mendapat aromannya sekalipun” HR. Malik.