Doa Cepat Sembuh

Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa penyakit yang dihadirkan Allah SWT kepada hamba-Nya adalah pembersih dosa atau pelebur dosa. Maka dari itu, ketika Anda sakit perbanyaklah berdzikir dan berdoa kepada Allah SWT. Lalu bagaimana yang harus Anda lakukan sebagai seorang Muslim jika ada saudara kita yang sakit?

Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk menjenguk orang yang sakit sebagai penghiburan dan memberi motivasi. Memberikan ucapan atau doa cepat sembuh merupakan nikmat yang luar biasa bagi orang yang sakit. Sebaiknya, Anda juga selalu memberikan motivasi dan menyemangati orang yang sakit agar selalu tabah dan segera sembuh.

Macam-macam doa cepat sembuh

Ada beberapa doa yang dapat Anda amalkan ketika menjenguk orang sakit yang telah kami rangkum sebagai berikut:

1. Meminta kesembuhan dengan Al-Fatihah

Al Fatihah juga dikenal sebagai Asy Syifa yang mempunyai makna penawar. Nama ini diambil dari sebuah hadis yang diriwayatkan di dalam Ad Darimi dari sahabat Abu Sa’id Al Khudri secara marfu’, dikatakan:

فاتحة الكتاب شفاء من كل سم

Artinya:“Al Fatihah sebagai syifa (penawar) dari segala racun” (HR. At Tirmidzi)

2. Doa Nabi Ayyub saat meminta kesembuhan

Nabi Ayyub A.S ketika ditimpa penyakit beliau menyampaikan permohonannya kepada Allah dengan dengan bertawassul. Bentuk tawassul beliau adalah dengan mengadukan derita yang beliau alami hanya pada Allah SWT. Beliau berupaya tidak mengeluhkan sakitnya kepada orang lain. Selanjutnya Nabi Ayyub A.S. bertawassul dengan memuji Allah SWT, dengan menyebutkan sifat kasih sayangnya.

رَبِّ إِنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit, dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.”

3. Doa untuk orang sakit parah

Ketika ada keluarga atau sanak saudara Anda yang mengalami sakit parah atau kronis sehingga tindakan medis juga tidak memberikan perbedaan yang signifikan, lebih baiknya kita mendo’akan orang yang sakit tersebut guna memohon kesembuhan dari Allah SWT.

الَلهُمَّ أَحْيِنيِ ما كانَتِ الحَيَاةُ خَيرْاً ِلي وَتَوَفَّنيِ مَا كَانَتْ الوَفَاةُ خَيرًا لي

Artinya: “Ya Allah hidupkanlah aku apabila itu lebih baik bagiku. Dan matikanlah aku apabila kematian itu lebih baik bagiku.”

4. Doa cepat sembuh Rasulullah ketika menjenguk orang sakit

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud disebutkan bahwa Ibnu Abbas R.A pernah mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa siapa yang mengunjungi orang sakit sebelum terputus nyawa dari raganya bacakanlah doa ini sebanyak tujuh kali, agar Allah SWT memberikan kesembuhan dari penyakit yang ia derita.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيمَ رَبَّ العَرْشِ العَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

Artinya: “Aku meminta kepada Allah yang Maha Agung, Rabb pemilik ‘Arsy yang mulia agar menyembuhkanmu.”