Doa Memohon Petunjuk

Sebaik baik meminta hanyalah kepadanNya, sebaik baik bersandar hanyalah kepadaNya.

Maka sombong sekali apabila kita sebagai manusia yang lemah, tidak mau meminta kepada Allah, tidak mau memohon pertolongan kepada Allah.

Siapalah kita ??? maka dari itu hendaknnya kita selalu berdoa memohon petunjuk kepadaNya, karena hanya Dia Dzat yang mengetahui masa lalu dan masa depan, mana yang terburuk dan terbaik untuk kita.

Doa Meminta Petunjuk dan Ketakwaan

Kita sebagai manusia hanya bisa menjadi perencana, namun segala ketentuan hanyalah ketetapaNya, maka dari itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kita untuk berdoa,

اللَّهُمَّ إنِّي أسْألُكَ الهُدَى ، وَالتُّقَى ، وَالعَفَافَ ، وَالغِنَى

“Allohumma Inni As-Alukal Huda Wat Tuqo Wal ‘Afaf Wal Ghina”

Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu petunjuk, ketakwaan, sifat ‘afaf, terjaga dari yang haram dan menahan diri darinya, dan sifat ghina, kaya hati, merasa cukup dari apa yang ada pada manusia dan apa yang ada di tangan mereka.(HR. Muslim)

Imam an Nawawi rahimahullah menyampaikan, “afaf dan ‘iffah memiliki makna menjauhkan dan menahan diri dari hal yang tidak diperbolehkan.

Sedangkan al-ghina adalah hati yang merasa cukup dan tidak butuh pada apa apa yang ada disisi manusia.

Doa Meminta Petunjuk dan Kebenaran

Selain doa diatas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga manyampaikan,

قُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالسَّدَادَ

Allahumma inni as-alukal huda was sadaad

Artinnya : Ya Allah, meminta kepada-Mu petunjuk dan kebenaran]”. (HR. Muslim no. 2725)

Pentingnya meminta hidayah atau kebenaran yaitu berupa ilmu yang dapat membimbing aktivitas kita dalam ketataatan kepada Allah.

Hendaknnya seorang hamba senantiasa meminta tolong hanya kepada Allah dalam setiap urusannya.

Bahkan guru kami ustadz hanan attaki lc beliau menyampaikan, meskipun engkau membutuhkan garam mintalah hanya kepada Allah jangan kepada Makhluk.

Apalagi meminta petunjuk atas urusan yang mungkin penting dalam diri kita, maka libatkanlah Allah dalam setiap aktivitas yang ingin kita lakukan.