Doa Minta Kesembuhan Yang Diajarkan Oleh Rasulullah Saw Dan Adab Menjenguk Orang Sakit

Rupanya masih banyak orang yang berobat dengan cara menyimpang dari tata cara Islam. Padahal dalam Islam sudah diajarkan bagaimana doa minta kesembuhan agar penyakit diangkat oleh Allah SWT. Doa terbaik yang dilakukan ialah dengan hati yang tulus dan keyakinan  atas apa yang diucapkan. Ada doa untuk orang sakit yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya.

Salah satu petunjuk  dari Rasulullah  SAW adalah dengan berdoa  dan berzikir. Rasul  menyarankan para umatnya untuk menyembuhkan penyakit baik keluarga, teman, kerabat dan sahabat atau siapapun yang sakit dengan doa yang sudah diajarkan olehnya. Dan pastikan untuk mengamalkan doa tersebut untuk berbagai macam penyakit yang diderita sesuai sunnah Rasulullah SAW.

Sebagaimana Doa Minta Kesembuhan Sesuai Sunnah

Tulisan Arab:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

ALLAHUMMA RABBAN NAAS MUDZHIBAL BA’SI ISYFI ANTASY-SYAAFII LAA SYAFIYA ILLAA ANTA SYIFAA’AN LAA YUGHAADIRU SAQOMAN.

Artinya: “Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” ( HR. Bukhari, no. 5742; Muslim, no. 2191)

Datangnya sebuah penyakit yang menimpa pada diri kita adalah sebuah takdir Allah yang kita sendiri tidak tahu kapan datangnya, juga tidak pernah minta kedatangannya. Semua orang pernah sakit, dari awal kita hidup, dari saat bayi hingga kita mati pasti kita pernah merasakan yang namanya sakit. Dalam kehidupan kita beberapa kali mengalami sakit, ada yang sakit ringan ada pula yang sakit keras.

Ikhtiar atau usaha yang sering kita lakukan adalah berobat ke dokter menggunakan obat-obat kimia atau herbal dengan harapan kita bisa sembuh dari penyakit. Maka, sempurnakan usaha tersebut dengan memohon kepada Allah SWT agar segera diberikan kesembuhan. Gunakan doa yang telah di ajarkan dalam Islam sesuai ajaran Rasullullah SAW.

Adab Yang Baik Saat Menjenguk Orang Sakit

  1. Memilih waktu yang cocok bagi orang yang sakit, karena tujuan menjenguknya adalah untuk memberikan rasa senag bukan menyusahkan
  2. Duduk di dekat kepalanya sembari membaca doa minta kesembuhan sebanyak tujuh kali
  3. Meletakkan telapak tangan pada tubuh orang yang sakit saat mendoakannya
  4. Menasehati orang yang sakit agar memperbanyak membaca doa

Dalam Islam, terdapat hubungan antara manusia dengan manusia yang disebut dengan hablum minannas. Hubungan ini harus dijaga karena manusia sejatinya adalah mahluk sosial yang tidak akan bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Salah satu bentuk hablum minannas yang baik adalah menjenguk orang sakit, agar hubungan semakin baik dan semakin erat.