Doa Nikah Untuk Pengantin Baru, Sesuai Sunnah Dalam Islam

Bagaimana sebuah pernikahan yang baik dan berkah? Apakah pernikahan yang bermewah-mewahan dan meriah, atau dengan mas kawin berlian dan emas? Namun, yang terpenting adalah sebuah doa nikah agar rumah tangga menjadi berkah. Berbicara mengenai masa depan memang tak akan ada habisnya. Apalagi jika berbicara mengenai pernikahan, sebuah topik yang selalu menarik untuk dibahas.

Membangun sebuah rumah tangga bukan hanya sekedar peran atau keterikatan. Namun memiliki arti yang lebih. Pernikahan merupakan peristiwa sakral yang hendaknya disambut dengan rasa syukur dan perasaan gembira. Oleh sebab itu, sebuah pernikahan patut dirayakan melalui sebuah perhelatan atau yang sering disebut dengan walimah pernikahan. Walimah pernikahan juga memiliki dasar etika dalam merayakannya.

Doa Nikah Untuk Pengantin Baru

Ketika mendatangi pernikahan seseorang, sebagai orang muslim hendaklah menyampaikan doa kebaikan, dengan membaca ucapan doa nikah untuk pengantin baru. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia menyatakan bahwa jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ingin memberikan ucapan selamat pada seseorang yang telah menikah, beliau mendoakan bacaan berikut.

Tulisan Arab:

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ

BARAKALLAHU LAKA WA BARAKA ‘ALAIKA WA JAMA’A BAINAKUMA FIIL KHAIRIN.

Artinya: “Semoga Allah memberkahimu ketika bahagia dan ketika susah dan mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.” (HR. Abu Daud, no. 2130; Tirmidzi, no. 1091. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Selain ucapan pernikahan, doa untuk pengantin merupakan salah satu hal yang selayaknya untuk diucapkan kepada pasangan yang baru saja menikah. Dengan menyampaikan atau memanjatkan doa, tandanya turut berharap pada Tuhan Yang Maha Esa untuk kebahagiaan kedua mempelai di kehidupan rumah tangga mereka. Selain itu, juga menjadi bentuk sukacita terhadap mereka.

Pasangan yang sudah menikah, pada umumnya memiliki keinginan untuk bisa mempertahankan hubungan selamanya. Dan mengharapkan memiliki pernikahan yang langgeng di masa depan. Pernikahan dalam Islam sendiri merupakan hal yang dimuliakan. sudah seharusnya mendoakan sesama dalam berbagai hal, Doa yang baik pasti akan mendatangkan keberkahan untuk yang didoakan, dan orang yang mendoakan.

Jika seseorang telah menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah pada Allah pada separuh yang lain. Semoga doa nikah bisa menjadi berkah bagi yang melafalkan dan bagi pengantin baru. Berdoa merupakan cara paling indah meminta kepada Allah agar selalu di langgengkan hubungannya dengan salah satu hamba-Nya yang dicintainya.