Doa Qunut

Sebagai seorang umat muslim pastinya sudah tidak asing dengan istilah doa qunut. Nah, ketahui bahwa doa qunut biasanya dibaca dalam sholat subuh setelah ruku’ dan i’tidal rokaat yang kedua. Namun, memang tidak semua umat muslim menggunakan doa qunut karena tidak termasuk ke dalam rukun sholat.

Bahkan ada beberapa umat muslim yang belum mengetahui tentang doa qunut sehingga belum menerapkan saat beribadah. Nah, apa itu doa qunut? Jadi doa ini memiliki tujuan untuk menolak bahaya yang dapat mendatangkan kebaikan. Selain pada solat subuh, ternyata juga biasa dibaca ketika sholat witir saat minggu kedua di bulan romadhon.

Cara Melakukan Doa Qunut

Bagaimana si cara melakukan doa qunut yang tepat? Jadi, doa qunut dilakukan ketika menjalankan sholat subuh setelah i’tidal rokaat kedua. Caranya yaitu Anda mengangkat kedua tangan setelah i’tidal pada rokaat kedua kemudian langsung melantunkan doa qunut.

Setelah itu, kedua tangan diangkat untuk berdoa tanpa mengusap muka seperti berdoa setelah selesai solat. Kemudian, Anda bisa langsung ruku’ kemudian melanjutkan bacaan dan gerakan sholat hingga selesai.

Kelebihan Membaca Doa Qunut

Sudah tau apa saja kelebihan dari membaca solat qunut? Apabila belum mengetahuinya maka simaklah seputar penjelasan yang terdapat di bawah ini.

1. Memberikan Petunjuk

Doa qunut  berbunyi Allahummahdinii fii man hadaiit yang memiliki arti untuk meminta suatu keinginan kepada Allah SWT. Kalimat tersebut merupakan tawasul yang memberikan kenikmatan dan hidayah

Nah, membaca doa qunut secara rutin juga akan memberikan petunjuk kepada umatnya yang berupa ilmu yang bermanfaat ataupun amal soleh.

2. Mendapatkan Perlindungan

Berikutnya, kelebihan dari doa qunut yaitu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT agar selamat dari mara bahaya. Hal tersebut karena Allah SWT  Maha Pengasih dan juga Penyayang sehingga akan membantu umatnya yang sedang mengalami kesulitan.

Kalimat doa qunut  Wa’aafinii fii man ‘afaiit  memiliki arti untuk memberikan keselamatan dari perlindungan-Nya.Tidak hanya perlindungan di dunia, tetapi juga memberikan perlindungan perlindungan hambanya di akhirat nanti. Bahkan, Allah SWT juga akan menyelamatkan umatnya yang sedang mengalami cobaan untuk tetapi ada di jalan yang benar.

3. Menghindarkan Dari Berbagai Penyakit

Ternyata doa qunut dengan kalimat  “wa’aafini fii man hadaiit” juga tidak hanya memberikan perlindungan kepada umatnya. Tetapi, ketahuilah bahwa dengan melafalkan doa qunut maka akan sangat berperan dalam menyembuhkan berbagai penyakit.