Yayasan Raudlatul Makfufin

Hijrah dan Langkah Mudah Berhijrah

Di jaman yang sudah modern ini bukan menjadi hal yang mustahil untuk menlakukan hijrah. Tidak ada kata terlambat bagi siapapun yang ingin melakukan hijrah. Artinya, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk senantiasa melakukan perbaikan diri. Ada banyak hadits hijrah yang menganjurkan seseorang agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Dari keterangan di atas tentu anda sudah bisa menyimpulkan bahwa hijrah memiliki arti berpindah dari sesuatu yangu buruk menuju sesuatu yang baik. Seseorang yang berniat melakakukan hijrah sudah pasti adalah orang yang baik. Ada banyak sekali hadits hijrah yang menjelaskan faedah dan manfaat yang bisa anda dapatkan saat anda benar-benar berniat untuk hijrah. .

Hadits Hijrah dan Tips Berhijrah Dengan Baik

”Dan Al-Muhaajir (orang yang berhijrah) adalah orang yang meninggalkan larangan Allah”. [1]. Bunyi hadits hijrah tersebut sudah menjelaskan arti atau makna dari hijrah itu sendiri. Sehingga dengan berhijrah maka anda tidak hanya dituntut untuk memperbanyak amalan saja akan tetapi juga anda harus bisa berusaha menjauhi segala hal yang menjadi larangan Allah SWT.

Nah lantas bagaimana cara atau tips mudah dalam menjalankan hijrah? Tentu berhijrah bukan hal yang mudah dilakukan bukan? Berikut di bawah ini bisa anda simak dengan baik beberapa tips atau langkah mudah menjalankan hijrah agar niat hijrah anda benar-benar bisa terwujud. Diantaranya adalah:

  1. Memantapkan keikhlasan niat dalam menjalankan hijrah karena Allah. Hal ini berkaitan dengan apa yang akan anda tuai atau anda dapatkan setelah anda hijrah. Karena segala sesuatu akan bergantung kepada niatnya. Jika anda berhijrah hanya karena urusan dunia niscaya hasil yang akan anda dapatkan hanya tentang dunia tersebut.
  2. Merubah pola pergaulan dan lingkungan hidup. Dalam berhijrah anda tidak boleh melakukannya setengah-setengah. Harus secara totalitas. Maka berpindah dari lingkungan hidup yang awalnya dipenuhi dengan dunia orang-orang buruk ke lingkungan yang dipenuhi orang-orang baik harus bisa anda lakukan. Begitu pula dengan pergaulan. Untuk membuat niat hijrah anda terwujud dengan baik maka hendaknya anda juga bergaul dengan teman-teman yang juga memiliki pribadi yang baik.
  3. Memperdalam ilmu agama terutama mengenai tauhid kepada Allah dan Rasul-Nya. Hal ini menjadi pondasi yang paling dasar dalam melakukan hijrah.

 

;