Yayasan Raudlatul Makfufin

Kunci Rezeki

Rezeki adalah segala kenikmatan yang diberikan Allah kepada hambannya, baik itu berupa kesehatan, waktu luang, hati yang tenang ataupun yang lainnya.

Namun terkadang rezeki di identikan dengan uang, dengan harta yang melimpah, dengan kemehawan, dan inilah yang salah.

Rezeki bukan hanya itu saja, harta, tahta, kemewahan itu bukan rezeki apabila itu malah menjauhkan dirinnya kepada Allah.

Lalu bagaimana sebenarnnya kita bisa mendapatkan rezeki tersebut ? berikut penjelasannya.

Kunci Kunci Rezeki

1. Tawakal kepada Allah

Allah menjanjikan berbagai macam kenikamatan bagi orang yang bertawakal hanya kepadaNya, contohnya urusan rezeki.

Dari Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu, bahwa nabi shalallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Seandainnya kalian bertawakal kepada Allah, sungguh Allah akan memberikan rezeki kepada kalian sebagaimana burung mendapatkan rezeki, burung itu pergi diwaktu pagi dalam keadaan lapar dan kembali di sore hari pada keadaan Kenyang” (HR. Ahmad, Tirmidzi)

Bahkan didalam Al Qur’an Allah Ta’alla menyampaikan :

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا (2) وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. Ath-Thalaq: 2-3)

Orang orang yang bertawakal kepada Allah, akan senantiasa diberikan kecukupan dan diberikan jalan keluar bahkan dari arah yang tidak ia sangka sangka.

2. Berdoa Kepada Allah

Selain bersandar kita juga perlu berdoa kepada Allah, terutama di waktu waktu yang mustajab untuk berdoa.

Seperti waktu sepertiga malam menjelang shubuh, waktu antara adzan dan iqomah ataupun waktu waktu mustajab yang lainnya.

3. Berikhtiar

Bagaimana carannya kita berikhtiar ? dengan bekerja, kerja apa ? Apa saja yang kita bisa, soal hasil Allah yang telah menjaminnya.

Allah Ta’alla berfirman :

وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ

Artinya : Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh). (Qs Hud : 6)

Sesungguhnya kata Allah tidak ada satu hewan melatapun yang tidak dijamin rezekinya oleh Allah.

Hewan melata saja sudah dijamin rezekinya oleh Allah, apalagi kita sebagai manusia ? Yang Taat dan beriman kepada Allah ?

Berusaha, Berdoa dan bertawakal kepada Allah, semoga Allah jadikan salah satu hamba hambanya yang pandai bersyukur. Aamiin.

;