Yayasan Raudlatul Makfufin

Macam-Macam Fiqih

Fiqih sendiri merupakan suatu ilmu yang mana menerangkan berbagai hukum syara’, hal ini juga tentunya berkenaan dengan bagaimana amal atau hukum dari segala perbuatan yang di lakukan oleh manusia. Fiqih sendiri juga berasal dari dalil yang jelas, yang tentunya harus diketahui oleh semua umat muslim. Fiqih juga memiliki beberapa bagian atau macam, berikut ini adalah macam-macam fiqih.

Macam-macam fiqih

1. Ibadah

Ibadah merupakan salah satu macam-macam fiqih, yang mana dilakukan oleh setiap umat muslim. Ibadah sendiri memiliki pengertian sebagai salah satu pengabdian dan juga penyembahan yang dilakukan oleh seorang muslim yang ditujukan kepada Allah SWT. Ibadah juga di lakukan dengan cara merendahkan diri, dan juga diiringi dengan niat yang ikhlas.

Tentunya hal ini di lakukan dengan berbagai cara, yang sebelumnya telah ditentukan oleh agama.

 

2. Muamalat

Muamalat adalah sebuah peraturan agama, yang mana merupakan salah satu macam-macam fiqih dan dimaksudkan untuk menjaga hak yang dimiliki manusia. Hal ini terjadi dalam urusan tukar menukar barang atau bahkan sesuatu hal lainnya yang dapat memberikan manfaat, dengan cara yang di tentukan oleh agama. Muamalat sendiri juga tidak memiliki paksaan apapun.

Muamalat di lakukan, agar tidak adanya paksaan, penipuan atau bahkan pemalsuan yang mana akan merugikan masyarakat bahkan pendzoliman yang mana memiliki kaitan dengan harta, dan juga hidup banyak masyarakat.

 

3. Munakahat

Munakahat adalah salah satu undang-undang perkawinan, atau sebuah akan ada yang mana dapat menghalalkan sebuah pergaulan antara laki-laki dan juga perempuan yang mana bukan mahramnya. Tentunya hal ini juga di lakukan, untuk dapat mendapatkan kebahagiaan antara rumah tangga dan juga untuk menyelesaikan pertikaian yang akan mungkin terjadi.

Hal ini juga dilakukan untuk dapat memberikan kebahagiaan, untuk rumah tangga. Memang pada dasarnya sebuah pernikahan telah diperintahkan oleh agama, agar dapat sesuai dengan syariat agama.

 

4. Jinayat

Jinayat adalah macam-macam fiqih lainnya, yang mana merupakan salah satu perbuatan yang dilarang oleh agama. Hal ini tentunya dapat menimbulkan hukuman dan dilakukan untuk dapat menjaga harta, jiwa, dan juga hak-hak yang dimiliki oleh manusia sendiri. Tentunya hal ini cukup penting, agar dapat menjaga umat manusia, selalu dalam jalan yang benar.

 

 

;