Yayasan Raudlatul Makfufin

Memahami Tentang Pentingnya Toleransi

Dalil tentang toleransi dapat Anda temukan dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah 256

لا إِكْرَاهَ فِي الدِّينِ قَدْ تَبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ فَمَنْ يَكْفُرْ بِالطَّاغُوتِ وَيُؤْمِنْ بِاللَّهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَى لا انْفِصَامَ لَهَا وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
Artinya: “Tidak ada paksaan untuk memasuki agama Islam. Sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada tali yang amat Kuat (Islam) yang tidak akan putus. dan sesungguhnya Allah itu Maha mendengar serta Maha Mengetahui.”

Kesimpulan ayat di atas adalah tugas Anda hanyalah menyampaikan ajaran Islam dan tidak dibenarkan untuk memaksa seseorang mengikuti ajaran Islam. Jika Anda sudah menyampaikan tapi orang-orang tidak ada yang memeluk Islam, itu urusan Allah. Sebenarnya, sudah jelas perbedaan antara kebenaran dan kebatilan. Maka Anda yang mengikuti kebenaran maupun kebatilan akan mendapat konsekuensinya.

Kata toleransi berarti kesediaan untuk menerima atau mentolerir, terutama pendapat atau perilaku yang mungkin tidak Anda setujui, atau untuk berperilaku bijaksana dengan mereka yang tidak seperti Anda. Ini berarti menunjukkan rasa hormat terhadap ras, jenis kelamin, pendapat, agama dan ideologi orang atau kelompok lain, dan untuk mengagumi kualitas baik dan kerja baik orang lain.

Pentingya Toleransi

1. Toleransi menciptakan kedamaian dan kesetiaan

Dalam globalisasi ini, di mana orang-orang dari berbagai latar belakang budaya dan agama hidup bersama. Dan di mana dunia telah menjadi multikultural dan penuh keragaman, membangun toleransi sesuai dengan dalil tentang toleransi di atas menjadi sangat penting. Tanpa toleransi dan harmoni, kedamaian masyarakat yang abadi tidak dapat dipertahankan, dan kesetiaan satu sama lain tidak dapat dibangun.

2. Kurangnya toleransi menyebabkan pertempuran dan kekerasan

Kurangnya toleransi menyebabkan pertempuran, kekerasan, dan akhirnya merusak perdamaian dan keamanan masyarakat. Ketika orang gagal dalam argumen, orang tersebut menjadi tidak toleran, dan kemudian menggunakan kekuatan dan agresi untuk mendukung sudut pandang orang tersebut.

Toleransi diperlukan di semua bidang kehidupan, di setiap tingkat dan di setiap tahap. Atas dasar itulah toleransi mempunyai peran penting untuk membangun perdamaian dan cinta, dari unit terkecil hingga unit tertinggi masyarakat. Toleransi tidak berarti bahwa hanya satu orang atau pihak yang menunjukkan toleransi dan yang lain tidak.

Ketika beberapa orang tidak setuju pada masalah tertentu, beberapa orang tersebut harus mengadvokasi dan mengekspresikan pendapat dengan hormat, dan kata-kata yang penuh kebencian dan provokatif tidak boleh digunakan. Toleransi harus ditunjukkan dari kedua belah pihak pada masalah, agar efektif.

 

;