Yayasan Raudlatul Makfufin

Perintah Silaturahmi

Silaturahmi merupakan salah satu perbuatan akhlak mulia yang tentunya memberikan pahala cukup besar. Sebagian besar orang banyak yang memaknai silaturahmi sebagai perbuatan baik antar sesama umat manusia. Tentunya, hal tersebut memanglah benar karena dalam perintah hadist silaturahmi yang shahih juga menjelaskan untuk saling berbuat baik antar sesama manusia.

Dengan para kerabat terdekat tentunya Anda memang harus bersilaturahmi agar persaudaraan akan tetap terjaga. Oleh karena itu, janganlah saling menjelekan orang lain karena dalam bersilaturahmi berarti Anda memang juga harus menjadi hal buruk atau aib yang dimiliki oleh kerabat. Dengan demikian tentunya Anda bisa menjadi umat muslim yang memiliki banyak saudara di dunia. Nah, ternyata dengan bersilaturahmi ternyata juga akan menambahkan amal baik hingga di akhirat nanti.

Ketahuilah bahwa perintah dalam hadits silaturahmi tentunya memberikan banyak ilmu dengan maknanya yang mengajarkan para umat muslim berperilaku baik dalam bersilaturahmi, ini dia seputat penjelasannya untuk Anda.

1. Berbuat Baik Kepada Orang Lain

Dalam hadits silaturahmi juga dijelaskan bahwa silaturahmi dapat dikatakan sebagai salah satu perbuatan baik kepada orang lain. Perlu diketahui bahwa setiap orang pastinya berinteraksi dengan orang lainnya sehingga untuk berbuat baik maka Anda memang harus menjaga silaturahmi dengan setiap orang.

 

2. Jangan Sombong

Berikutnya perintah yang diajarkan dalam hadist silaturahmi juga menjelaskan bahwa sebagai seorang umat muslim maka sebaiknya Anda janganlah berperilaku sombong karena setiap orang pastinya akan bertemu orang lain sehingga janganlah sekali-kali memalingkan muka dihadapan orang lain karena hal tersebut akan membuat orang lain menjadi sakit hati.

 

3. Jangan Boros

Selanjutnya dalam hadist silaturahmi juga diajarkan untuk jangan bersikap boros dalam kehidupan di dunia hanya karena ingin terlihat memiliki status sosial yang lebih tinggi. Dengan demikian maka Anda sebaiknya memang harus bersikap sebagai umat yang hemat ketika membeli beberapa barang keperluan rumah.

Silaturahmi juga dapat dikatakan sebagai salah satu perilaku baik yang tujuannya memuliakan orang lain yang juga memberikan pahala cukup banyak.

 

;