Shalat Tahiyatul Masjid

Shalat tahiyatul masjid merupakan shalat yang dikerjakan sebanyak dua rakaat saat Anda masuk ke dalam masjid. Hukum megerjakan shalat ini adalah sunnah, sehingga jika dikerjakan akan mendapat pahala dan jika tidak dikerjakan tidak berdosa.

Shalat Tahiyatul Masjid

Berikut ini adalah hikmah melaksanakan ibadah shalat sunnah tersebut:

1. Memuliakan masjid

Melaksanakan shalat dua rakaat sebelum sholat fardhu adalah bentuk pemuliaan terhadap rumah Allah, yaitu masjid. Di dalam hadis dijelaskan bahwa apabila Anda masuk masjid, Anda dianjurkan untuk melaksanakan shalat 2 rakaat sebelum duduk (HR. Al-Bukhari No. 537 dan Muslim No. 714).

2. Menutupi kekurangan shalat wajib

Amalan pertama yang akan dihisap adalah shalat. Apabila shalatnya baik maka sempurnalah amalan shalatnya. Namun, apabila shalatnya tidak sempurna, maka jika Anda memiliki amalan sunnah dapat menyempurnakan amalan shalat wajib.

3. Meninggikan derajat disisi Allah dan menghapus dosa

Semakin Anda memperbanyak shalat sunnah, maka dapat menghapus dosa. Hal ini dikarenakan semakin banyak Anda bersujud maka akan meningkatkan derajat disisi Allah SWT.

4. Mencerminkan ketakwaan kepada Allah SWT

Shalat tahiyatul masjid dapat mencerminkan ketakwaan seorang hamba kepada Tuhan. Bahkan, orang yang melaksanakan shalat sunnah tersebut akan diberi pahala dan kemuliaan.  Dengannya, Anda dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

5. Mengatasi permasalahan hidup

Dengan banyak menjalanka shalat sunnah, maka dapat menjadi sarana untuk menyelesaikan berbagai masalah. Hal inilah yang juga dicontohkan oleh Rasulullah saat beliau menghadapi masalah.

6. Bentuk rasa syukur

Menjalankan shalat sunnah menjadi salah satu bentuk perwujudan rasa syukur Anda kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan. Nikmat tersebut dapat berupa rezeki, kesehatan, bernafas bebas dan lainnya.

7. Shalat sunnah merupakan sebaik-baik amalan karena merupakan salah satu amalan yang utama.

8. Ibadah sunnah yang dianjurkan

Barang siapa yang memuliakan masjid dengan melaksanakan shalat sunnah dua rakaat, maka Allah SWT akan memuliakan Anda di surga.