Yayasan Raudlatul Makfufin

Sholat Taubat

Setiap Muslim baik laki-laki maupun perempuan pasti tak akan pernah luput dari kesalahan dan dosa baik yang disadari ataupun tidak. Namun Alloh SWT selalu membukakan pintu maaf kepada umatnya, salah satunya bagi mereka yang mengerjakan sholat taubat dengan sungguh-sungguh dan berjanji tak akan mengulangi lagi dosanya.

Tata Cara Sholat Taubat

Sholat sunnah taubat bisa dijalankan oleh setiap orang Muslim yang benar-benar ingin memohon ampunan kepada Alloh SWT. Sholat sunnah ini sendiri punya tata cara yang harus dipahami, mulai dari dalil, niat, hingga doa setelah sholatnya.

1. Dalil

Sholat sunnah taubat ini memang dianjurkan dalam Islam seperti yang tertuang dalam Sunan Abu Dawud 1521 yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya yang telah berbuat dosa untuk mensucikan diri dan menjalankan sholat 2 rakaat, kemudian memohon ampun kepada Alloh SWT. Anjuran ini juga terdapat dalam Al-Qur’an Surat Ali Imran (3): 135.

2. Syarat Melakukan Sholat Sunnah Taubat

Perbedaan sholat sunnah taubat dengan sholat wajib lainnya adalah syarat yang harus dilakukan oleh orang yang mengerjakan. Seorang Muslim selain menjalankan sholat, juga harus melakukan beberapa syarat ini:

  • Memohon ampun kepada Alloh SWT.
  • Berazzam/berjanji untuk tidak mengulangi dosa lagi.
  • Menyesali semua dosa yang telah dilakukannya.
  • Berjuang sepenuh hati untuk bisa istiqomah.
  • Meminta maaf pada semua manusia.

3. Waktu Sholat

Dalam Majmu’ Al Fatawa, Ibnu Taimiyah 23/215, Darul Wafa’ dianjurkan untuk melakukan sholat sunnah taubat segera setelah dirasa telah melakukan dosa. Waktu melaksanakan sholat sunnah ini bahkan bisa kapan saja meskipun pada saat waktu dilarang melakukan sholat.

4. Tata Cara Sholat

Sholat taubat dilakukan sebanyak 2 rokaat. Niatnya “Usholli sunnatat taubati rokaataini lillahi ta’aala”. Niat ini bisa dibaca pelan di dalam hati atau dilafalkan lirih di mulut. Hal ini tergantung bagaimana kemantaban Anda untuk mengucapkannya.

Jika Anda mau, Anda bisa memperpanjang sujud terakhir dengan bermunajat dan sungguh-sungguh minta maaf kepada Alloh SWT sebagaimana dalil HR. Muslim yang menyatakan jarak paling dekat manusia dengan penciptanya adalah ketika bersujud.

;