Sifat-Sifat Al-Quran

Al-Quran merupakan kitab atau pedoman bagi umat islam dan merupakan penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya. Selain Al-Quran bukan hanya untuk dibaca juga harus diamalkan isinya oleh setiap umat muslim. Sifat-sifat Al-Quran yang sangat agung juga wajib diketahui oleh umat islam.

Jika setiap muslim sudah mengetahui apa saja sifat-sifat Al-Quran pasti mereka akan merasakan betapa mulianya kitab Al-Quran ini. Selain itu dengan mengetahui sifat Al-Quran juga dapat menambah kecintaan kita terhadap Al-Quran karena biasanya kita akan mencintai sesuatu karena mengetahui bagaimana sifat-sifatnya.

Berikut ini beberapa sifat-sifat Al-Quran :

1. Jalan yang Lurus ( Ash Shirath Al-Mustaqim)

Sifat Ash Shirath Al-Mustaqim ini dijelaskan dalam Q.S Al-An’am : 153 yang memiliki arti “dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalanKu yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalanNya. Yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa”.

Al-Quran sebagai kitab yang menunjukan jalan yang lurus akan mengantarkan siapapun yang membaca dan mengamalkannya ke surga Allah yang penuh dengan kenikmatan.

2. Tali yang Kokoh (Al Hablul Matin)

Maksud dari tali yang kokoh disini adalah barang siapa yang berpegang teguh terhadap Al-Quran maka dia akan diberikan jalan yang lurus oleh Allah Subhanahu Wata’ala.

Sesuai dengan Q.S Ali-Imran : 103 “Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk”.

3. Cahaya yang Terang Benderang (An-Nural Mubin)

Al-Quran diturunkan sebagai kitab yang mmeberikan cahaya terang benderang bagi seluruh umat manusia. Sesuai dengan firman Allah Subhanahu Wata’ala pada Q.S An-Nisa : 174 :

“Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu. dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang”.