Yayasan Raudlatul Makfufin

Sifat-Sifat Utama Para Rasul

Rasul merupakan manusia pilihan Allah Subhanahu Wata’ala yang ditugaskan untuk melaksanakan tugas yang diperintahkan oleh Allah Subhanahu Wata’ala. Untuk itu pastinya setiap rasul Allah memiliki sifat-sifat utama yang dimuliakan oleh Allah dibandingkan dengan manusia lain. Sifat rasul sendiri dibagi menjadi dua yaitu sifat wajib dan sifat mustahil.

Sifat wajib merupakan sifat yang harus ada dalam diri seorang rasul. Berikut ini sifat wajib yang dimiliki oleh rasul :

  1. Sidiq, berarti jujur atau benar. Setiap rasul harus memiliki sifat sidiq dalam perkataan, perbuatan maupun keinginannya.
  2. Amanah, berarti dapat dipercaya. Sebagai seorang rasul harus dapat dipercaya baik oleh Allah Subhanahu Wata’ala maupun manusia. Seorang rasul harus bisa menjaga amanah yang telah diberikan kepadanya, apalagi apapun yang rasul sampaikan merupakan suatu perintah dari Allah.
  3. Tablig, berarti menyampaikan. Seorang rasul diutus oleh Allah Subhanahu Wata’ala untuk menyampaikan kepada umatnya apa yang telah diperintahkan. Para rasul harus menyampaikan sesuai dengan kebenarannya dan tidak menyembunyikan pesan apapun.
  4. Fatanah, berarti cerdas atau bijaksana. Pada diri seorang rasul pasti terdapat sifat yang cerdas atau bijaksana dalam mengamati kondisi dan situasi umatnya. Para rasul harus mampu melaksanakan dan mengemban amanahnya dengan baik.

Sedangkan sifat mustahil merupakan sifat tercela yang tidak mungkin dimiliki oleh para rasul. Sifat ini merupakan kebalikan dari sifat wajib, berikut ini sifat mustahil para rasul :

  1. Berdusta
  2. Tidak dapat dipercaya
  3. Menyembunyikan pesan dari Allah Subhanahu Wata’ala
  4. Bodoh atau ceroboh

Seorang rasul merupakan suri tauladan bagi umatnya, mereka memberikan teladan hidup dalam perjuangan mereka berdakwah dalam melawan kerasnya hidup. Dalam Al-Quran disebutkan bahwa rasaul ulul azmi dan Rasululullah Salalahu Alaihi Wassalam merupakan tauladan utama.

Berikut merupakan sifat-sifat utama yang dimiki oleh para rasul dan sifat yang tidak mungkin dimiliki oleh para rasul. Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat, hidayah dan petunjuk-NYA kepada kita semua agar bisa mengimani sifat-sifat para rasul. Aamiin

 

;