Sunnah Nabi Bangun Tidur

Biasanya, hal pertama yang Anda lakukan ketika bangun tidur adalah mematikan alarm lalu mengecek handphone. Sebagai umat muslim, hendaknya Anda melakukan Sunnah Nabi bangun tidur ketika Anda baru saja bangun dari tidur. Insya Allah sunnah sunnah tersebut akan bermanfaat bagi kehidupan Anda di dunia dan di akhirat.

Sunnah Nabi bangun tidur

1. Memanjatkan doa ketika bangun tidur

Rasulullah SAW bersabda dalam Hadits Riwayat Bukhari, “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia mewafatkan (menidurkan) kami, kepada-Nya kami dibangkitkan.

Adapun bacaan doa bangun tidur adalah “Alhamdulillahilladzii ahyaanaa ba’damaa amaatanaa wa ilaihinnusyuur.”

2. Mengusap bekas tidur di wajah

Diceritakan dalam beberapa hadits yaitu HR. Ahmad: 2201, Bukhari: 183, Nasai: 1631, dan yang lainnya bahwa Ibnu Abbas Radhiyallahu’anhu menceritakan bahwa beliau pernah menginap di rumah bibinya, Maimunah Radhiyallahu’anha salah satu istri Nabi Muhammad SAW, beliau berkata,

“Kemudian ketika sudah masuk pertengahan malam Rasulullah SAW bangun, kemudian beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya.”

3. Membaca sepuluh ayat terakhir surat Al-Imran

Dikisahkan pula oleh Ibnu Abbas Radhiyallahu’anhu dalam Hadits Riwayat Bukhari: 183, Nasai: 1631, dan Ahmad: 2201 bahwa ketika beliau menginap di rumah bibinya, Maimunah Radhiyallahu’anha beliau berkata,

“Beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya kemudian beliau membaca 10 ayat terakhir surat Al-Imran.”

4. Bersiwak atau menggosok gigi

Dalam Hadits Riwayat Muslim nomor 255 dan Hadits Riwayat Bukhari nomor 245, salah satu sahabat yaitu Huzdaifah Radhiallahu’anhu bercerita, “Nabi Muhammad SAW apabila bangun malam, beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak.”

5. Bersihkan rongga hidung

Sunnah Nabi bangun tidur lainnya adalah saat bangun tidur, disunnahkan untuk membersihkan rongga hidung sebanyak tiga kali. Rasullullah SAW bersabda dalam Hadits Riwayat Bukhari nomor 3295 dan Hadits Riwayat Muslim nomor 238. Dari Abu Hurairoh Radiallahu’anhu, Rasululla SAW berpesan,

“Apabila kalian bangun tidur makan bersihkan bagian dalam hidung tiga kali karena setan bermalam di rongga hidungnya”.