Yayasan Raudlatul Makfufin

Tips untuk Menafsir Al-Quran

Salah satu mimpi seorang muslimin adalah menjadi hafiz quran. Tidak hanya menghafal ayatnya, akan tetapi juga dapat menafsir quran dengan baik. Banyak sekali orang yang tentunya bingung hal apa yang harus dilakukan terlebih dahulu ketika ingin menjadi penghafal dan menafsirkan Al-Quran dengan baik. Berikut adalah tips and trik agar mudah untuk menafsir Al-Quran

Langkah dan Tips untuk Menafsir Al-Quran

1. Mehami Ayat Satu per Satu

Tingkatan paling tinggi dalam ilmu tafsir Quran adalah dengan menafsirkan ayat per ayat. Terkadang dalam Al-Quran ayat sebelumnya akan menerangkan ayat sesudahnya, begitu juga sebaliknya. Hal ini penting dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dalam penafsiran. Ketika anda melakukan hal tersebut maka akan tidak sah.

2. Menyesuaikan dengan Sunnah

Sunnah merupakan perkataan dan perbuatan Nabi Muhammad SAW. Seperti contohnya anda bingung dengan satu ayat, maka anda cobalah untuk mencari sunnah Rasulullah yang cocok.

3. Menafsirnya dengan Hadist yang Shahih

Untuk menghindari kesalahan penafsiran, penting bagi kita untuk memahaminya dengan hadist yang shahih. Hal ini sangat penting dilakukan agar penafsirannya benar. Allah SWT menurunkan Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW agar dapat diterangkan maksud dan isinya kepada seluruh umat manusia.

4. Tafsir Para Sahabat Rasullulah SAW

Sahabat Nabi Muhammad SAW yang  dijadikan pelopor dalam menafsir Quran adalah Ibnu Mas’ud dan Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu. Sejak awal, Ibnu Mas’ud adalah sosok yang menemani Rasulullah SAW dan tentu saja bertanya dan memperhatikan hal yang berkaitan tentang Quran. Sementara Ibnu Abbas merupakan seorang penerjemah Quran.

5. Tafsiran Para Tabi’in

Apabila anda telah melakukan semua cara dan tidak menemukan maknanya maka anda dapat mencari sumbernya melalui tafsiran para tabi’in. Tabi’in merupakan murid para sahabat, yang juga merupakan murid dari Ibnu Mas’ud dan Ibnu Abbas Radhiyallahu. Salah satunya bernama Sa’ad bin Juba’ir dan Mujahid.

6. Menguasai Gramatika Bahasa Arab

Seperti yang kita ketahui Al-Quran diturunkan dalam bahasa Arab. Untuk melakukan tafsir Quran maka anda harus memahami struktur bahasa Arab. Ini juga dapat membantu anda dalam menafsirkan setiap ayatnya lebih dalam lagi.

 

;