Ujian Smester Ganjil – SKh-IT

press_release_head

 BERITA PERS

PARA SISWA TUNANETA MENGIKUTI UJIAN SMESTER GANJIL

 

Tangerang Selatan, 05 Desember 2018 – Sekolah Khusus Islam Terpadu Yayasan Raudlatul Makfufin (SKh-IT YARFIN) kembali menyelenggarakan ujian sekolah untuk para siswanya di smester ganjil 2018. Dalam kegiatan ujian smester ganjil tersebut, para siswa dengan keterbatasan penglihatan dari 6 kelas mendapatkan berbagai perlengkapan ujian yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

 Ade Ismail, S. Pd. Selaku kepala sekolah mengatakan, “Ujian smester ganjil ini menjadi bagian dari salah satu evaluasi belajar terhadap siswa tunanetra di sekolah kami”. 

 SKh-IT YARFIN di tahun 2018 mampu menyelenggarakan ujian smester ganjil untuk 18 siswa tunanetra dari 6 kelas yang ada. Di tahun sebelumnya SKh-IT YARFIN telah menyelenggarakan ujian smester untuk 12 siswa tunanetra.

 Kini SKh-IT YARFIN memiliki 6 kelas sesuai dengan tingkatannya masing-masing: kelas VI (2 siswa), kelas VII (5 siswa), kelas VIII (2 siswa), kelas IX (5 siswa), kelas X (2 siswa),  kelas XI (2 siswa).

 Seluruh siswa masing-masing mendapatkan alat tulis braille yang disebut Riglet  dan Stilus . Dua benda tersebut dapat dikatakan sebagai alat tulis untuk tunanetra yang dapat disamakan dengan bulpoin atau sejenisnya bagi siswa yang bukan tunanetra. Sedangkan media tempat mereka menulis yaitu SKh-IT YARFIN menyiapkan satu rim kertas Continous Form dengan ketebalan 160 gram. Ketebalan kertas itu menjadi penting agar tulisan braille yang dibuat oleh para siswa dapat bertahan lama dan mudah diakses dengan rabaan jemari.

 “Kami berharap para siswa mendapat akses yang mudah dalam mengerjakan soal ujian smester ganjil ini, sehingga melalui ujian ini siswa membuktikan bahwa penyandang tunanetra dapat berkompetisi” lanjut Ade Ismail.

 Selanjutnya, hasil ujian dapat dilihat dalam buku raport mereka masing-masing pada Kamis 20 Desember 2018 sebelum mereka menikmati libur panjang sejak 21 Desember 2108 hingga 06 Januari 2018.

  

Tentang Sekolah Khusus Islam Terpadu Yayasan Raudlatul Makfufin (SKh-IT YARFIN)

 adalah salah satu lembaga pendidikan formal untuk tunanetra dengan keunggulan yang dimiliki yaitu tetap memasukan bobot pengetahuan Islam dengan memfokuskan pada kemampuan membaca dan menghafal AL Quran.

 SKh-IT YARFIN adalah salah satu lembaga pendidikan untuk tunanetra yang berada di bawah naungan Yayasan Raudlatul Makfufin. YARFIN sendiri telah berdiri sejak 26 November 1983 yang awal pendiriannya fokus pada kegiatan Majelis Ta’lim Tunanetra, namun saat ini YARFIN telah memiliki beberapa pusat kegiatan seperti Percetakan Al Quran dan Buku Islam Braille, Pesantren Tunanetra YARFIN, Majelis Ta’lim Tunanetra  YARFIN serta Sekolah Khusus Islam Terpadu YARFIN.

 

Press contact:

 www.makfufin.id

www.instagram.com/makfufin

www.instagram.com/pesantrentunanetra

www.instagram.com/alquranbraille

021 74635929

08118300072 

press_release_foot