Walimatus Safar

Diantara banyaknya tradisi yang dimiliki oleh umat muslim, walimatus safar adalah tradisi yang biasanya dilakukan saat melakukan haji atau umrah. Pengertian walimatus sendiri, memiliki arti pesta dan safar yang memiliki arti perjalanan. Lalu mengapa tradisi walimatus ini harus dilakukan sebelum berangkat ke tanah suci? Biasanya tradisi ini memang dilakukan, untuk melepas calon haji atau umrah.

Sebelum bepergian, memang semua calon haji dan juga umrah diharuskan melakukan tradisi yang satu ini. Walimatus sendiri memiliki arti dimana sebuah pesta, yang memang dilakukan untuk melepas calon jemaah haji dan juga umrah sebelum berangkat ke tanah suci. Berikut ini pengetahuan singkat mengenai tradisi pesta keberangkatan haji atau umrah ini.

Pengertian Tradisi Walimatus Aafar

Maksud pesta yang dilakukan ini, biasanya akan diisi dengan berbagai pembacaan doa secara bersama-sama. Nantinya juga akan ditutup dengan memberikan tamu berbagai makanan dan minuman, layaknya diadakannya sebuah pesta. Calon jemaah haji juga akan ikut mengundang seluruh saudara, kerabat dan juga orang terdekatnya untuk bisa hadir di acara pesta atau yang lekat dengan sebutan pamitan ini.

Nantinya calon jemaah haji juga akan menyelingkan kalimat, permohonan maaf yang juga akan diisi dengan beberapa ceramah hingga taushiyah yang juga masih memiliki hubungan dengan keberangkatan haji. Walimatus safar memang tidak terlalu terkenal dengan manasik haji, hal ini dikarenakan memang tidak ada hubungannya dengan tata cara ibadah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Untuk Anda yang memang ingin melakukan kegiatan pesta ini, yakinlah bahwa kegiatan tersebut dilakukan atas dasar kegiatan ibadah haji. Hindari juga melakukan kegiatan ini atas dasar riya atau pamer, karena tidak akan mendatangkan manfaat yang diinginkan. Tujuan memang dilakukan pesta ini, untuk bisa memperpanjang silaturrahmi dan bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT.

Untuk Anda yang memang akan melakukan haji atau umrah, ada baiknya jika menyempatkan waktu Anda untuk melakukan walimatus safar. Banyak hal baik yang terkandung pada tradisi ini, dengan niat yang baik agar semua hal dalam haji dan umrah yang akan Anda lakukan senantiasa di lancarkan. Kegiatan ini juga memiliki niat baik untuk menjalin silaturrahmi saudara, kerabat atau orang terdekat Anda.