Yayasan Raudlatul Makfufin

Hal Penting dan Arti Safar

Safar merupakan salah satu bulan, dimana memiliki arti yaitu kekosongan atau kosong. Arti Safar juga bisa diartikan sebagai keluarnya dari tempat tinggal atau hunian yang ditujukan, untuk melakukan perjalanan yang cukup jauh. Dalam Islam sendiri, ada beberapa adab dari Safar yang tentunya harus di perhatikan oleh semua orang yang akan melakukan Safar.

Memahami Safar bukan hanya memperhatikan artinya saja, namun Anda juga harus mengerti apa yang baik dilakukan untuk orang yang ingin melakukan Safar. Berikut ini adalah pemahaman mengenai Safar dan beberapa hal yang dianjurkan untuk dilakukan orang yang ingin melakukan Safar.

Hal Penting dan Arti Safar

1. Hindari melakukan Safar sendiri

Untuk seorang muslim, memang di makruhkan untuk melakuanm Safar seorang diri. Usahakan bahwa Anda melakukan Safar dengan beberapa orang. Hal ini untuk menjaga Anda agar tetap aman, dapat saling mengingatkan mengenai kebaikan dan larangan yang mungkin akan terjadi saat di perjalanan.

Dengan memiliki teman saat di perjalanan, tentunya hal ini di harapkan dapat memudahkan Anda melakukan perjalanan atau safar yang diinginkan. Hal ini juga yang menjadi arti Safar, bahwa mengisi kekosongan dengan hal yang baik.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

الرَّاكِبُ شَيْطَانٌ، وَالرَّاكِبَانِ شَيْطَانَانِ، وَالثَّلَاثَةُ رَكْبٌ

“orang yang berkendaraan sendirian adalah setan, orang yang berkendaraan berdua adalah dua setan, orang yang berkendaraan bertiga maka itulah orang yang berkendaraan yang benar.“ (HR. Malik dalam Al Muwatha, Abu Daud no.2607, dan At Tirmidzi no. 1674, dihasankan Al Albani dalam Shahih Abu Daud)

2. Carilah teman yang baik untuk melakukan Safar

Saat Anda memutuskan untuk melakukan Safar, carilah teman yang saleh dan dapat menuntun Anda pada kebaikan. Lakukan hal ini agar di setiap perjalanan yang Anda lakukan, masih memiliki hal-hal yang bermanfaat dan jauh dari maksiat hingga kesialan. Tentunya semua orang masih ingin mendapatkan kebaikan saat melakukan Safar sekalipun.

3. Diperbolehkan menjamak sholat, namun pastikan untuk tidak menjamak sholat

Memang dalam agama masih diperbolehkan untuk bisa melakukan jamak ketika Safar. Anda dapat melakukan jamak atau menggabungkan beberapa sholat, baik sebelum atau bahkan sesudahnya. Memang dalam hal ini menjamak sholat masih diperbolehkan, asalkan dengan alasan kesulitan. Akan lebih baik jika anda dapat melaksanakan solat tanpa dijamak.

Arti Safar secara umum memang melakukan perjalanan yang jauh, namun pastikan bahwa Anda tetap mengumpulkan berbagai kebaikan walaupun melakukan Safar. Pastikan bahwa Anda tetap memperhatikan hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat melakukan Safar. Tetaplah berpegang teguh pada agama, dan lakukan hal yang memang membawa Anda pada kebaikan.

 

 

;