Sunnah Nabi yang Perlu Diamalkan

Sebagai seorang muslim, selain menjalankan kewajiban dar Allah SWT, sebaiknya diiringi juga dengan mengamalkan sunnah sunnah Nabi Muhammad SAW. Sunnah sunnah tersebut tertulis dalam hadits riwayat. Ada banyak hadits yang menceritakan tentang Sunnah Nabi yang perlu diamalkan. Berikut penjelasan mengenai sunnah sunnah tersebut.

Sunnah Nabi yang Perlu Diamalkan

1. Berwudhu sebelum mandi

Telah menceritakan kepada kami dalam Hadits Riwayat Bukhari Nomor 241, Muhammad bin Yusuf berkata, telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Al A’masy dari Salim bin Abu Al Ja’d dari Kuraib dari Ibnu ‘Abbas dari Maimunah isteri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, ia berkata,

“Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berwudhu sebagaimana wudhunya untuk shalat, kecuali kedua kakinya. Beliau lalu mencuci kemaluan dan apa yang terkena kotoran (mani), kemudian menyiramkan air ke atasnya, kemudian mengakhirinya dengan menyela dan mencuci kedua kakinya. Itulah cara beliau mandi dari janabat.”

2. Bersedekah selagi bisa

Dalam Hadist Riwayat Bukhari nomor 1322 Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bershadaqalah, karena nanti akan datang kepada kalian suatu zaman yang ketika itu seseorang berkeliling dengan membawa shadaqahnya namun dia tidak mendapatkan seorangpun yang menerimanya.

Lalu seseorang berkata,: “Seandainya kamu datang membawanya kemarin pasti aku akan terima. Adapun hari ini aku tidak membutuhkannya lagi”.

3. Itikaf di Bulan Ramadhan

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Mihran Ar Razi telah menceritakan kepada kami Hatim bin Isma’il dari Musa bin Uqbah dari Nafi’ dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melakukan I’tikaf pada sepuluh terakhir dari bulan Ramadhan. (Hadits Riwayat Muslim nomor 2002).

4. Membunuh cicak

Sunnah Nabi yang perlu diamalkan lainnya adalah tertulis dalam HR. Muslim nomor 4152 Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah dan ‘Amru An Naqid dan Ishaq bin Ibrahim serta Ibnu Abu ‘Umar. Ishaq berkata; Telah mengabarkan kepada kami. Sedangkan yang lainnya berkata;

Telah menceritakan kepada kami Sufyan bin ‘Uyainah dari ‘Abdul Hamid bin Jubair bin Syaibah dari Sa’id bin Al Musayyab dari Ummu Syarik bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menyuruhnya supaya membunuh semua cecak. Sedangkan di dalam Hadits Ibnu Abu Syaibah menggunakana lafazh ‘Amara’ (menyuruh) saja.