Adab Bertamu Dalam Islam

Menyambung tali silaturahmi dalam islam adalah sebuah anjuran yang perintahkan oleh Nabi Muhammad. Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan jika kita saling menyambung silaturahmi dengan keluarga maupun dengan tetangga kita.  Keharmonisan akan tercipta Jika kita baik kepada orang lain.

Perkembangan teknologi membuat kita bisa bersilaturahmi lewat online maupun offline. Namun,  akan lebih baik jika kita melakukannya dengan datang langsung ke rumah orang tersebut atau yang biasa disebut dengan bertamu.  Adab bertamu dalam islam juga di atur sesuai dengan apa yang Alloh perintakan dan nabi Muhammad lakukan.

Ada adab bertamu dalam islam,  kami akan bahas satu per satu.  Dimulai dar niat kita datang atau beetamu ke rumah tetangga.  Pastikan niat kita hanya karena Alloh dan hanya hanya membantu tetangga kita yang sedang membutuhkan  bantuan kita. Karena niat yang baik akan diberikan kemudahan ke depannya.

Setelah kita sample di rumah orang yang kita datangi,  kita ketik pintunya maksimal tiga kali sambil mengucapkan salam “Assalamualaikum”.   Tunggu sampai ada yang membukaka pintu dan mempersilahkan masuk. Jika sudah dipersilankan masuk dan duduk barulah kita masuk dan beranjak duduk.

Jika setelah kita ketik tidak ada jawaban janganlah janganlah mengintip dan sebaiknya pulang.  Sesuai dengan hadist Rasulullah “Andaikan ada orang melihatmu di rumah tanpa izin, engkau melemparnya dengan batu kecil lalu kamu cungkil matanya, maka tidak ada dosa bagimu.”(HR. Bukhari).

Pada saat kita sudah masuk ke dalam usahakan jangan  terlalu lama bertamu karena kita tidak tahu apakah jika  kita berlama-lama akan mengganggu yang punya rumah.  Jangan lupa untuk meminta izin,  jika kita membawa teman yang tidak di undang dan makanlah hidangan yang sudah dihidangkan sesuai dengan hadit Muslim.

Inilah hadist yang menggambarkan perintah tersebut Jika salah seorang di antara kalian di undang, hadirilah! Apabila ia puasa, doakanlah! Dan apabila tidak berpuasa, makanlah!” (HR. Muslim).

Berikut adab bertamu dalam islam,  mari perbaiki akhlak kita dan unggah-ungguh kita dalam bertamu baik itu dengan orang terdekat maupun bersama orang yang belum terlau kita kenal. Semoga bermanfaat.