Puasa Ala Rasulullah

Menjalankan ibadah puasa tentu harus mengikuti aturan dari niat hingga Anda berbuka. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengikuti tata cara puasa ala Rasulullah. Hal ini berlaku untuk puasa sunnah maupun puasa wajib. Puasa wajib contohnya puasa di bulan ramadhan. Puasa sunnah contohnya  puasa di bulan arafah, puasa senin kamis dan lainnya yang diajarkan oleh Rasulullah.

Puasa Ala Rasulullah

1. Menyegerakan untuk berbuka

Anda dianjurkan untuk segera berbuka saat waktu maghrib tiba karena terdapat kebaikan di dalamnya. Hal ini seperti dijelaskan dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim.

2. Segera mengakhiri sahur

Rasulullah mengajarkan agar segera menghentikan sahur sekitar 5 menit sebelum menjelang shalat subuh atau setara dengan membaca Al Qur’an 50 ayat.

3. Mengkonsumsi kurma dan madu

Anda dianjurkan  untuk mengkonsumsi 3 butir kurma dan 2 sendok madu saat berbuka puasa atau pun saat sahur. Tujuannya agar Anda kuat menjalankan aktivitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan madu dan kurma mengandung kalori yang tinggi.

4. Memperbanyak membaca Al Qur’an

Membaca Al Qur’an memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah memberi pelajaran hidup dan mendapatkan pahala.

5. Rutin berolahraga

Meskipun Anda sedang berpuasa, namun harus tetap bersemangat dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari, termasuk salah satunya adalah berolahraga. Tujuannya adalah agar tubuh tetap sehat dan vit, namun intensitasnya dikurangi agar Anda tetap kuat berpuasa.

6. Puasa ala Rasulullah selanjutnya adalah memberi makanan untuk buka puasa

7. Menjalankan umrah

Pahala orang yang menjalankan umroh di bulan ramadhan sama dengan orang yang  haji bersama Rasulullah.

8. Menjalankan ibadah shalat tarawih

9. Memperbanyak itikaf

Itikaf merupakan kegiatan berdiam diri di masjid dengan niat untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. Rasulullah sering melakukannya selama bulan ramadhan.

10. Menunggu malam lailatul qodar

Rasulullah sering melakukan ibadah di bulan ramadhan baik di awal, pertengahan maupun di 10 hari terakhir. Tujuannya adalah agar mendapatkan lailatul qadar.

11. Bertaubat

Pada bulan ramadhan, pintu-pintu ampunan terbuka lebar sehingga Allah akan mengampuni dosa hambanya yang bersungguh-sungguh bertaubat.

12. Memberikan zakat fitrah

Setiap muslim yang mampu wajib membayar zakat fitrah. Dengan membayar zakat, kita akan kembali fitrah.