Dalil Tentang Pentingnya Pendidikan

Di dalam Al-Qur’an maupun hadits terdapat banyak dalil tentang pendidikan. Faktanya, investasi awal pertama untuk perkembangan anak adalah pendidikan. Berkat teknologi dan inovator internet, pendidikan dapat diakses oleh semua orang. Berkat teknologi, sekarang orang pedesaan, orang miskin, dan orang-orang yang tinggal di gubuk dapat memperoleh akses pendidikan melalui ponsel.

Pendidikan merupakan bagian dari kehidupan setiap orang, sehingga keberadaan pendidikan sangatlah penting. Maka dari itu, semua orang pantas dididik. Pendidikan anak usia dini dan pendidikan tingkat tinggi sangat penting untuk kesuksesan hidup. Pendidikan anak usia dini untuk memahami ilimu dasar sementara pendidikan tinggi penting untuk pengembangan pribadi, sosial dan ekonomi bangsa.

Mengapa Pendidikan Sangat Penting?

1. Dengan pendidikan Anda mampu menyusun pikiran dan gagasan yang baik

Tanpa pendidikan, tidak mungkin rasanya Anda mempunyai pola pikir dan gagasan yang baik dan terarah.

2. Anda juga mampu melakukan analisis sambil membuat keputusan hidup

Hidup memberi berbagai tantangan bagaimana Anda tetap bisa bertahan untuk hidup. Tetapi pendidikan membimbing Anda untuk berjuang dengan kegagalan serta bagaimana meraih kesuksesan dalam hidup.

3. Pendidikan mampu mengubah moral suatu bangsa

Pendidikan hanyalah satu hal yang dapat menghilangkan masalah korupsi, pengangguran, dan lingkungan. Pendidikan bukan tentang melakukan gelar, tetapi tentang bagaimana Anda bisa hidup dengan kaki sendiri.

4. Pendidikan mengembangkan ideologi politik yang baik

Hal ini karena standar hidup suatu masyarakat sangat tergantung pada tingkat pendidikan yang bisa diperoleh warga negara.

Salah satu contoh dalil tentang pendidikan terdapat dalam Al-Qur’an Surat Al – An’kaabut 43

وَتِلْكَ الْأَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ ۖ وَمَا يَعْقِلُهَا إِلَّا الْعَالِمُونَ

Artinya: “Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buat untuk manusia; dan tidak ada yang bisa memahami kecuali mereka yang berilmu.”

Maksud dari ayat tersebuat adalah, berbagai macam perumpamaan sengaja Tuhan buat untuk manusia. Dan hanya manusia berilmu(berpendidikan) lah yang bisa memahami setiap perumpamaan yang Tuhan buat.

Nilai pendidikan dan signifikansinya dapat dipahami dari kenyataan bahwa setelah Anda dilahirkan, orang tua mulai mendidik Anda tentang hal penting dalam kehidupan. Anda mulai belajar kata-kata baru dan mengembangkan kosa kata berdasarkan apa yang diajarkan orang tua. Orang tua juga mulai memperkenalkan ayah, ibu, saudara laki-laki, saudara perempuan, dll.