Doa Sapu Jagat dan Keutamaannya

Doa sapu jagad ini memang sudah tidak asing lagi bagi umat Islam. Pasalnya doa ini memiliki makna yang luar biasa. Meskipun bacaannya sangat singkat dan padat, namun keutamaannya mencangkup seluruh doa di dalamnya. Doa ini sangat dicintai oleh Rasulullah SAW dan sering juga disebut sebagai doa untuk memohon segala kebaikan di dunia dan akhirat.

Bahkan banyak ulama yang menyakini, bahwa salah satu keutamaan dari doa tersebut yaitu untuk mendapatkan wanita sholehah yang menjadi idaman bagi setiap pria. Maka tidak ada salahnya jika kita pelajari lebih dalam mengenai doa yang sangat ampuh ini. Dengan kita memahami dan mengamalkannya, maka kita akan mendapatkan banyak kebaikan baik di dunia maupun di akhirat.

Doa Keselamatan di Dunia dan Akhirat

Doa sapu jaga merupakan suatu bacaan doa yang ditujukan kepada Allah agar di beri keselamatan selama hidup di dunia dan mendapatkan keselamatan ketika di akhirat nanti serta  dijauhkan dari siksa api neraka. Doa ini sangat dianjurkan untuk di baca setelah menunaikan sholat wajib 5 waktu yang diiringi dengan doa-doa lainnya.

Doa ini memang sangat familiar di telinga kita dan banyak diamalkan oleh umat muslim. Kenapa disebut dengan doa sapu jagad? Pasalnya keutamaan doa ini memang sangat ampuh dan maknanya cukup luas serta mengandung semua permintaan semua kebaikan di dunia dan juga akhirat.

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار

“Robbanaa aatina fid dunyaa hasanah, wa fil aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar.”

Artinya:

“Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa neraka”

Doa untuk memohon kebaikan di dunia dan diakhirat ini bermaksud untuk memohon seluruh kebaikan di dunia dan dijauhkan diri kita dari hal-hal yang buruk. Kabaikan di dunia ini meliputi nikmat sehat, di lapangkan rezeki yang halal, diberikan istri sholehah, di lapangkan rumahnya, diberikan ilmu bermanfaat dan seluruh kebaikan lainnya yang tidak bertentangan dengan doa tersebut.

Sedangkan untuk kebaikan di akhirat tentunya lebih tinggi dari seluruh kebaikan di dunia yaitu di mudahkan dalam hisab, dimasukkan ke dalam surga dan seluruh kebaikan di akhirat yang lainnya.

Doa sapu jagad yang sering kita panjatkan ternyata memiliki kandungan makna yang sangat dalam. Semoga doa tersebut dapat diamalkan serta dipahami makna yang terkandung di dalamnya, sehingga kita dapat bersungguh-sungguh dalam berdoa kepada Allah SWT.