Doa Setelah Adzan

Diantara waktu waktu mustajabnya doa adalah waktu ketika adzan dan iqomah.

Maka dari itu ketika muadzin selesai mengumandangkan adzan kita diperintahkan untuk banyak berdoa kepada Allah, dan memohon Ampunan kepada Allah.

Bacaan Doa Setelah Adzan

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِى وَعَدْتَهُ

Latin : “Allahumma robba hadzihid da’watit taammah wash sholatil qoo-imah, aati Muhammadanil wasilata wal fadhilah, wab’atshu maqoomam mahmuuda alladzi wa ‘adtah’

Artinnya : Ya Allah, Rabb pemilik dakwah yang sempurna ini (dakwah tauhid), shalat yang ditegakkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah (kedudukan yang tinggi), dan fadilah (kedudukan lain yang mulia). Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati maqom (kedudukan) terpuji yang telah Engkau janjikan padanya. (HR. Bukhari no.614)

Setelah kita selesai membaca doa setelah adzan diatas, jangan lupa untuk melakukan amalan amalan setelah adzan, diantarannya :

Amalan Amalan Ketika Adzan

1. Mengucapkan Lafadz sebagaimana Muadzin

Sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah, apabila kita mendengar adzan hendaknnya kita juga mengikuti apa yang dibaca oleh Muadzin.

Ketika muadzin membaca “Allahu akbar Allahu Akbar 2x” kitapun membaca pula dengan pelan “Allahu akbar Allahu Akbar”

Lafadz yang kit abaca berdasarkan bacaan muadzin, lalu apabila muadzin sampai pada bacaan “hayya ‘Alashshalaah, hayya ‘alalfalaah” maka kita menjawab “Lahaula walakuata illabillah”.

2. Bershalawat kepada Rasulullah

Apabila adzan telah selesai dikumandangkan hendaknnya kita membaca shalawat kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Atau kita juga bisa membaca shalawat ibrahimiyyah seperti yang kita baca diwaktu tasyadud dalam shalat.

3. Membaca Doa Setelah Adzan

Setelah bershalawat kepada Rasullullah hendaknnya kita melanjutkan untuk membaca doa setelah adzan, sebagaimana yang kita tuliskan diawal.

Dan kemudian memperbanyak doa kepada Allah, memohon ampun, memohon rahmat, memohon petunjuk kepada Allah.

Itulah beberapa amalan yang bisa kita lakukan ketika adzan berkumandang, dan doa setelah adzan, semoga bermanfaat.