Waktu Berdoa yang Paling Didengar

Tidak ada doa yang tidak dikabulkan oleh Allah, bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya Allah itu maha pemalu lagi maha mulia, Allah malu terhadap hambaNya yang berdoa dengan mengangkat kedua tangan kepadaNya, kemudian ia tidak mengabulkannya (HR Abu Dawud no. 1488)

Tapi taukah kita ternyata ada waktu waktu mustajab untuk berdoa kepada Allah, yaitu waktu dimana apabila kita berdoa di waktu itu, Allah akan cepat sekali mengabulkannya. Diantara waktu mustajab untuk berdoa diantarannya :

Waktu Mustajab Untuk Berdoa

1. Sepertiga Malam

Waktu malam itu adalah waktu yang paling menanangkan, maka dari itu waktu malam digunakan untuk beristirahat.

Tapi taukah kamu, disaat banyak orang menjadikan waktu malamnya hanya untuk beristirahat, ternyata ada hamba hamba Allah yang menjadikan malamnnya untuk berkhalwat, bermunajah dengan Allah.

Ada yang bangun mendirikan shalat sebagai bentuk syukur, ada yang merintih menangis meminta ampunan dosa, ada yang lisannya tak henti untuk berdzikir.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya dimalam hari itu ada waktu yang apabila ada seorang hamba berdoa di waktu baik perkara dunia ataupun akhirat, pasti Allah akan mengabulkannya, dan waktu itu ada di setiap malam” (HR. Muslim, no 757)

Bahkan didalam Al Qur’an, Allah mengegaskan bahwa apabila ada yang yang beritighfar di waktu sahar, yaitu waktu menjelang shubuh dengan sungguh sungguh, kecuali dosanya pasti akan terampuni (Qs. Adz Dzariyat 18)

2. Setelah Selesai Shalat

Waktu setelah selesai shalat adalah salah satu waktu mustajabnnya untuk berdoa, dalilnya :

فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ

“Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain” (QS. Al Insyraq : 7)

Maksud dari ayat diatas sebagaimana yang dijelaskan oleh Ibnu ‘Abbas adalah apabila seorang hamba telah selesai dalam menjelankan shalat, maka hendaknya ia berdoa dengan sungguh sungguh kepada Allah.

3. Antara Adzan dan Iqomah

Waktu jeda antara adzan dan Iqomah juga merupakan salah satu waktu mustajab untuk berdoa,

Bahkan kita dianjurkan untuk banyak berdoa diwaktu tersebut, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الدعاء لا يرد بين الأذان والإقامة

Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak” (HR. Tirmidzi, 212, ia berkata: “Hasan Shahih”)

Semua doa pasti akan dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta’alla, namun apabila kita berdoa sebagaimana waktu waktu mustajab diatas, waktu pengabulan doa yang kita panjatkan bisa lebih cepat.