Kumpulan Doa Belajar yang Harus Diamalkan

Semestinya kita selalu membiasakan untuk membaca kumpulan doa belajar, baik sebelum ataupun sesudah belajar. Anak-anak yang sedang belajar dikelas sangat ditekankan untuk selalu melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar. Selain di sekolah, dirumah pun juga harus diterapkan kebiasaan berdoa. Dengan membaca doa, maka segala sesuatunya akan dipermudah dan dilancarkan.

Kumpulan Doa Belajar

Doa Sebelum Belajar

RABBI  ZIDNII  ‘ILMAN WARZUQNII FAHMAA, WAJ’ALNII MINASH-SHAALIHIIN

Artinya :

“Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman. Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang sholeh”

 

ALLAAHUMMAFTAH LANA HIKMATAKA WANSYUR ‘ALAINAA RAHMATAKA MIN KHOZAA INI ROHMATIKA YAA ARHAMARRAAHIMIIN.

Artinya:

“Ya Allah, bukakanlah untuk kami hikmah-Mu dan taburkanlah kepda kami rahmat-Mu dari gudang-gudang rahmat-Mu wahai Dzat yang Maha Kasih.”

 

ALLAAHUMMA AKHRIJNAA MIN DZULUMAATILWAHMI WA AKRIMNAA BINUURIL FAHMI WAFTAH’ALAINAA BIMA’RIFATIKA WASAHHIL LANAA ABWAABA FADL-LIKA YAA ARHAMAR RAAHIMIIN

Artinya:

“Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling Penyayang.”

 

Doa Setelah Belajar

ALLAHUMMA ARINAL HAQQA HAQQAN WARZUQNAT TIBAA’AHU. WA ARINAL BAATHILA BAA-THILAN WARZUQNAJ TINAABAHU

Artinya:

Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya”

 

RABBANAN FA’NAA BIMA ‘ALAMTANALDZII  YANFA’UNAA WA ZIDNAA ‘ILMAN WALHAMDULILLAHI ‘ALA KULLI HAL

Artinya:

“Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

 

RABBANAN FA’NAA BIMA ‘ALAMTANALDZII  YANFA’UNAA WA ZIDNAA ‘ILMAN WALHAMDULILLAHI ‘ALA KULLI HAL

Artinya:

“Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

 

Keutamaan Membaca Doa Belajar

Seperti apa yang sudah kita ketahui, bahwa aktivitas belajar bukan perkara yang mudah. Anda membutuhkan biaya, waktu dan juga keinginan yang kuat dan tidak semua orang memilikinya. Bahkan banyak penghalang-penghalang lain yang bisa membuat Anda menjadi males untuk belajar. Dengan membaca doa, maka akan banyak sekali hikmah yang bisa Anda dapatkan.

1. Ilmu menjadi lebih berkah

Mencari ilmu bagi seorang muslim hukumnya wajib, baik untuk pria maupun wanita. Hal ini sesuai dengan Hadist Riwayat Al baihaqi yang artinya: “Bahwa mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi semua umat muslim, baik pria maupun wanita “. (H.R Al-Baihaqi)

Dengan membiasakan membaca doa terlebih dahulu sebelum belajar, maka ilmu yang dipelajari menjadi lebih mudah dan berah. Pasalnya, kita melibatkan Allah dalam proses pencarian ilmu tersebut. Sehingga Allah akan meridhoi dan memberikan banyak berkah dan pahala kepada mereka yang membiasakan berdoa terlebih dahulu sebelum belajar.

2. Dimudahkan dalam belajar

Tidak dapat dipungkiri, jika dalam menuntut ilmu atau belajar, terdapat banyak rintangan yang selalu menghampiri. Namun dengan membaca doa terlebih dahulu, maka Allah akan memudahkan kita dalam menerima ilmu yang dipelajari.

Dengan begitu ilmu yang dipelajari bisa lebih mudah masuk kedalam pikiran dan bermanfaat untuk kehidupan kita dan orang-orang disekitarnya. Seperti janji Allah kepada umat-Nya. “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan keperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang memiliki sifat sombong dari menyembah-Ku, maka akan masuk neraka Jahanan dalam kondisi hina dina” Al Mukmin:60)

3. Mendapat banyak pahala

Jika suatu ibadah digambarkan ke dalam sebuah struktur tubuh manusia, maka doa menjadi bagian dari otaknya ibadah. Seseorang yang rajin berdoa pun akan memperoleh imbalan dari Allah, baik imbalan berupa pahala maupun terkabulkan doanya.

Kesimpulannya yaitu, bahwa doa merupakan bagian dari ibadah. Semakin banyak kita memanjatkan doa, maka akan semakin banyak juga imbalan atau pahala yang akan kita dapatkan.