Syarat Sah Dan Bacaan Sujud Tilawah

Sujud tilawah merupakan sujud yang dilakukan karena mendengar atau membaca ayat-ayat sajadah. Dan bisa dilakukan di dalam sholat atau di luar sholat. Bagi orang-orang yang sering bersujud niscaya akan terbebas dari api neraka, bekas sujudnya pun tak akan terkena api neraka. Ayat sajadah adalah ayat dalam Al-Quran yang menerangkan tentang perintah untuk bersujud dan biasanya diberi tanda kubah.

Rasulullah SAW bersabda apabila seseorang membaca ayat sajadah kemudian bersujud, maka menyingkirlah setan sambil menangis lalu berkata “Sunnguh celaka manusia yang diperintah untuk sujud lalu bersujud, maka aku membangkang, maka bagiku neraka.” (Hadits Riwayat Ahmad, Muslim, dan Ibnu Majah)

Bacaan sujud tilawah

Doa sujud tilawah berbeda dari bacaan sujud pada sholat. Ada beberapa bacaan yang bisa Anda lafalkan ketika melakukan sujud tilawah.

سُبْحَانَ رَبِّىَ الأَعْلَىᵡ۳

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

Subhaana robbiyal a’laa 3x

Sajada wajhi lilladzi kholaqohu, wa showwarohu, wa syaqqo sam’ahu, wa bashorohu bi khaulihi wa kuuwatihi fatabarakallahu ahsanul kholiqiin

Artinya:

Maha Suci Allah Yang Maha Tinggi

Wajahku bersujud kepada Dzat yang menciptakannya, yang membentuknya, dan yang memberi pendengaran dan penglihatan, Maha berkah Allah sebaik-baiknya pencipta. (HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, Hakim, dan Nasa’i).

Tata cara sujud tilawah

  1. Hanya dilakukan dengan sekali sujud
  2. Gerakan sujud tilawah sama seperti sujud yang dilakukan dalam sholat
  3. Tidak memakai takbiratul Ikhram dan boleh untuk tidak diakhiri dengan salam. Apabila Anda mendengar atau membaca ayat sajadah, bisa langsung melakukan sujud seperti sujud tilawah dalam sholat dan tanpa takbiratul ikhram terlebih dahulu.
  4. Apabila sedang dalam perjalanan, sujud tilawah dapat dilakukan dengan isyarat menggerakkan kepala. Ketika Anda sedang berkendara dan mendengar ayat sajadah, Anda boleh melakukan sujud tilawah dengan menggerakkan kepala ke arah manapun. Misalnya menolehkan kepala ke kanan atau ke kiri atau menundukkan kepala.

Syarat Sujud Tilawah

  • Dalam keadaan suci baik badan, pakaian, dan tempat.
  • Menutup aurat.
  • Diutamakan menghadap kiblat.
  • Sujud dilakukan setelah selesai mendengar atau membaca ayat sajadah.
  • Apabila sujud tilawah dilakukan dalam sholat berjamaah, maka makmum wajib mengikuti imam untuk bersujud tilawah. Jika tidak mengikuti bersujud, akan gugur keahlian sholat berjamaah.

Meskipun sujud tilawah atau sujud sajadah ini hukumnya sunnah muakkad, akan tetapi sangat ditekankan untuk dilakukan. Dengan bersujud, seorang hamba akan sangat dekat dengan sang pencipta Allah SWT maka perbanyaklah berdoa. Dan jangan lupa untuk melafalkan doa sujud tilawah.